BLK Padang Latih Polwan Polda Sumbar Bikin Masker

Nurcholis Maarif - detikNews
Rabu, 22 Apr 2020 21:08 WIB
Kemnaker
Foto: Kemnaker
Jakarta -

Belasan personel Polwan Polda Sumatera Barat dilatih menjahit masker di Balai Latihan Kerja (BLK) Padang. Pelatihan ini bertujuan menciptakan personel yang siap tanggap bencana, khususnya di tengah pandemi COVID-19.

Kepala BLK Padang, Syamsi Hari mengapresiasi Polda Sumatera Barat yang cepat tanggap terhadap kondisi pandemi saat ini. Hal ini ditunjukkan dengan ditugaskannya personel Polda Sumatera Barat untuk mengikuti pelatihan menjahit masker nonmedis.

"Kita sangat welcome dengan kegiatan ini. Semoga ilmu yang didapat di BLK bisa diaplikasikan," kata Syamsi dalam Siaran Pers Humas Kementerian Ketenagakerjaan, Rabu (22/4/2020).

Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Toni Harmanto menjelaskan,pelatihan menjahit masker bagi personelnya akan sangat membantu kepolisian maupun masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Dengan adanya personel polisi yang bisa membuat masker, setidaknya kekurangan masker untuk petugas dan masyarakat bisa teratasi.

"Kita berharap ilmu yang mereka dapat bisa dibagi juga dengan personel lain dan berguna bagi masyarakat," kata Toni.

Salah seorang Polwan yang mengikuti pelatihan, Ipda Junia Rakhma Putri menuturkan setelah mengikuti pelatihan ini, ia berharap dapat membantu masyarakat dalam menyediakan masker.

"Kami sebagai pelayan masyarakat juga ingin membantu masyarakat kecil, terutama yang masih sulit untuk mendapatkan masker," ujar Junia.

Usai mengikuti pelatihan di BLK Padang, ia berencana untuk membuat sendiri masker untuk membantu masyarakat dan mengajarkan keterampilannya kepada personel lain maupun keluarganya.

"Jadi membuat masker ini diharapkan dapat membantu dan hasilnya nantinya direncanakan untuk dibagikan ke personel dan masyarakat," ujarnya.

(akn/ega)