Jawaban Pemkab Muara Enim soal Viral Warga Kelaparan 'Pak Bawa Nasi?'

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 22 Apr 2020 21:07 WIB
Potret memilukan dua warga Muara Enim, Sumatera Selatan kelaparan dan kondisinya mengenaskan. Kini mereka telah di evakuasi ke rumah sakit.
Foto: Raja Adil Siregar
Muara Enim -

Dua warga keterbelakangan mental di Muara Enim, Sumatera Selatan viral di media sosial setelah ditemukan dalam kondisi memprihatinkan. Pemkab Muara Enim langsung merespons.

Plt Bupati Muara Enim, Juarsah mengaku prihatin melihat kondisi warganya. Sebab keduanya juga sudah menjadi yatim piatu setelah ditinggal kedua orang tuanya.

"Informasi yang kami dapatkan dari Camat Gelumbang, keduanya adalah Daluna (23) dan Rohima (21) dalam kondisi yang diduga keterbelakangan mental. Secara usia mereka sudah tidak tergolong anak-anak lagi," kata Juarsah dalam rilis yang diterima detikcom, Rabu (22/4/2020).

Menurut Juarsah, Daluna kurus bukanlah karena kekurangan gizi, melainkan karena sakit. Pengasuhan dilakukan oleh Ilhami, adik bungsu dan orang tua angkatnya.

Plt Bupati Muara Enim, Juarsah (dok. Istimewa)Foto: Plt Bupati Muara Enim, Juarsah (dok. Istimewa)

"Semuanya berdomisili di desa yang sama, yaitu Desa Sebau, Kecamatan Gelumbang. Mereka sudah mendapat bantuan dari warga maupun pemerintah. Namun tentu saja pengelolaannya dilakukan oleh adik dan orang tua angkatnya," imbuh Juarsah.

Bahkan, mereka kini terdata di Kecamatan Gelumbang sebagai warga miskin. Bukan sebagai warga terlantar.

Selanjutnya
Halaman
1 2