Anies Sebut Ramadhan Kali Ini Berbeda: Mirip Zaman Nabi

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 22 Apr 2020 18:44 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengumumkan PSBB di DKI Jakarta. (Dok. Pemprov DKI)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengumumkan PSBB di DKI Jakarta. (Dok. Pemprov DKI)
Jakarta -

Gubernur DKI Anies Baswedan menyebut Ramadhan kali ini berbeda dengan sebelumnya. Menurut Anies, Ramadhan kali ini mirip dengan zaman Nabi Muhammad SAW yang semuanya ibadah dilaksanakan di rumah.

"Tak lagi kita ada buka puasa bersama kali ini, tapi buka puasa di rumah bersama keluarga taraweh dilakukan bersama keluarga di rumah, bukan lagi di masjid salat-salat fardu juga kita kerjakan di rumah," kata Anies dalam konferensi pers, Rabu (22/4/2020).

"Ramadhan kali ini mungkin mirip dengan Ramadhan pada saat Nabi Besar Muhammad SAW. Pada saat ini semua tidak dikerjakan di masjid, sempat tarawih di masjid, tapi kemudian tarawih di rumah, buka puasa juga di rumah, kegiatan peribadatan di rumah, semua tak dilakukan di masjid," sambung Anies.

Untuk itu, Anies mengajak seluruh masyarakat mengambil kesempatan ini dengan meningkatkan ibadah di rumah dengan khusyuk. Dia juga meminta warga meningkatkan ketakwaan di rumah sekaligus juga memerangi wabah virus Corona.

"Kali ini kita dapat kesempatan untuk memasuki bulan suci Ramadhan yang mirip dengan suasana itu, ini kesempatan bagi kita, karena itu saya menganjurkan dalam kesempatan ini. Hari Jumat besok masuk satu Ramadhan kita memasuki masa ini dengan semangat untuk meningkatkan ketakwaan, menahan hawa nafsu, tapi sambil juga kita memerangi pandemi COVID," ujarnya.

(eva/hri)