Materi Belajar tentang Rantai Makanan Selama Siswa di Rumah Aja

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 21 Apr 2020 21:15 WIB
rantai makanan
Foto: iStock/Materi Belajar tentang Rantai Makanan Selama Siswa di Rumah Aja
Jakarta -

Materi belajar di rumah dari TVRI untuk anak kelas 4 hingga 6 SD pada Selasa (21/4/2020) tentang Makhluk Hidup dan Lingkungannya dan terutama tentang rantai makanan.

Dari Buku Tema 5 tentang Ekosistem dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyebutkan rantai makanan adalah perjalanan memakan dan dimakan dengan urutan tertentu antar makhluk hidup.

Rantai makanan juga merupakan hubungan yang khas antara sekelompok produsen dan konsumen. Konsumen memakan produsen. Produsen melepas energi kepada konsumen. Konsumen itu lalu menjadi mangsa konsumen yang lain. Mangsa adalah semua hewan yang diburu untuk dimakan oleh hewan lain. Dengan demikian, mangsa akan melepas energinya kepada pemangsa.

Pemangsa atau predator adalah konsumen yang berburu makanan. Jadi, energi dialirkan dari produsen kepada konsumen di dalam rantai makanan. Agar rantai makanan dapat terus berjalan, jumlah produsen harus lebih banyak daripada jumlah konsumen kesatu, konsumen kesatu lebih banyak daripada konsumen kedua, dan seterusnya.

Contohnya padi dimakan oleh tikus, kemudian tikus dimakan oleh ular, ular dimakan oleh burung elang. Setelah beberapa waktu, burung elang mati. Bangkainya membusuk diuraikan oleh makhluk hidup pengurai dan bercampur dengan tanah membentuk humus. Humus sangat dibutuhkan tumbuhan, terutama rumput. Begitulah seterusnya sehingga proses ini berjalan dari waktu ke waktu.

Rantai makanan selalu dimulai dengan produsen. Produsen adalah organisme yang membuat makanannya sendiri. Sebagian besar rantai makanan dimulai dengan tanaman hijau, karena tanaman dapat membuat makanan mereka dengan fotosintesis.

Sementara makhluk hidup yang memakan tumbuhan dan hewan lain disebut konsumen. Sedangkan predator adalah binatang yang memakan binatang lain. Hewan yang dimakan predator disebut mangsa. Predator ditemukan di bagian atas rantai makanan. Begitu seterusnya hingga hewan tingkat tertinggi mati dan diuraikan oleh pengurai. Pengurai adalah mikro organisme yang bertugas menguraikan di tanah.

Perbedaan dengan jaring-jaring makanan

Rantai makanan merupakan bagian dari jaring-jaring makanan. Rantai makanan hanya proses makan dimakan dengan skala lebih kecil. Sedangkan jaring-jaring makanan merupakan proses atau sekumpulan dari rantai makanan dengan skala yang lebih besar dan luas.

Selain kebergantungan makhluk hidup melalui rantai makanan, banyak makhluk hidup lain yang berhubungan dengan cara yang khas. Hubungan dua makhluk yang berbeda dan sangat erat kaitannya disebut simbiosis. Terdapat tiga jenis simbiosis, yaitu simbiosis mutualisme, parasitisme, dan komensalisme.

Mutualisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan. Contoh hubungan antara burung jalak dan kerbau. Kerbau mendapatkan keuntungan karena kutunya berkurang, sedangkan burung jalak mendapatkan makanan.

Komensalisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup, dalam hal ini makhluk hidup yang satu mendapatkan keuntungan, sedangkan makhluk hidup yang lainnya tidak dirugikan. Contoh hubungan antara tumbuhan anggrek dan pohon yang ditumpanginya. Tumbuhan anggrek mendapat keuntungan karena dapat menumpang hidup pada pohon, dan selama menumpang tersebut, anggrek tidak merugikan pohon.

Parasitisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup dalam hal ini makhluk hidup yang satu mendapatkan keuntungan, sedangkan makhluk hidup yang lain mendapatkan kerugian. Contoh hubungan antara pohon mangga dan benalu. Benalu dapat hidup subur karena menghisap zat makanan dari pohon mangga yang ditumpanginya sehingga pohon mangga lama-lama akan menjadi kurus dan lambat laun bisa mati.

Ada pertanyaan yang harus dijawab dari materi tentang rantai makanan. Berikut pertanyaan.

1. Apakah pengaruh rantai makanan terhadap tatanan susunan makhluk hidup dalam satu ekosistem?

2. Apa perbedaan antara rantai makanan dengan jaring-jaring makanan.

3. Bagaimana hubungan interaksi antara makhluk hidup yang mendiami habitat dalam satu ekosistem? Tuliskan contohnya.

(nwy/erd)