Begini Perawatan yang Diberikan untuk Pasien Covid-19 di Indonesia

Lusiana Mustinda - detikNews
Selasa, 21 Apr 2020 19:13 WIB
Julia Trainor, perawat yang merawat pasien Corona di AS (Reuters)
Perawatan virus corona. Foto: Julia Trainor, perawat yang merawat pasien Corona di AS (Reuters)
Jakarta - Jumlah pasien virus corona atau COVID-19 di Indonesia terus bertambah. Pada Selasa (21/04/2020) update kasus corona di Indonesia meningkat yakni 7.135 positif, 842 sembuh dan 616 meninggal.

Kebanyakan orang yang terkena COVID-19 umumnya hanya menunjukkan gejala utama seperti demam dan batuk. Bisa juga mengalami meriang, sakit tenggorokan, keletihan dan sakit kepala. Batuk yang dialami awalnya kering, namun beberapa orang mulai mengeluarkan dahak berisi sel paru-paru yang mati dibunuh oleh virus.

Belum ada obat khusus yang diberikan pada pasien corona. Akan tetapi ada beberapa perawatan yang dilakukan para dokter di Indonesia untuk membantu memulihkan pasien COVID-19. Untuk gejala ringan, biasanya dokter menyarankan untuk istirahat, perbanyak minum air putih dan konsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol.

Kunci kesembuhan pasien adalah di imunitas tubuhnya. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto mengatakan, hanya imunitas yang dapat menangkal semua jenis virus, termasuk COVID-19.

Sehingga hingga kini pengobatan yang dilakukan untuk pasien positif virus corona hanya melalui pengobatan secara umum.

Nantinya setelah pasien sembuh, ia harus melakukan self isolated atau mengisolasi diri setibanya di rumah. Dengan mengenakan masker walaupun sedang berada di rumah, menjaga kondisi kesehatan dan tidak menggunakan alat makan dan minum bersama dengan keluarga lainnya.

Perawatan virus corona yang perlu dilakukan oleh pasien yang sudah sembuh adalah tetap kontrol ke rumah sakit sesuai dengan kesepakatan dengan dokter.

(lus/erd)