Grab Distribusikan Bansos Pemerintah ke Masyarakat

Nurcholis Maarif - detikNews
Selasa, 21 Apr 2020 16:50 WIB
Grabexpress
Foto: Dok. Grab Indonesia
Jakarta -

Grab mendukung pemerintah dalam mendistribusikan bantuan sosial (bansos) ke masyarakat akibat pandemi COVID-19. Bersama Kementerian Sosial dan kerja sama PT. Pos Indonesia, GrabExpress mengerahkan armada dalam pendistribusian bansos tersebut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan pemerintah memberikan bansos kepada masyarakat terdampak COVID-19. Bansos berupa paket sembako untuk 1,2 juta keluarga di Jakarta dan akan menyusul 600 ribu keluarga di Bodetabek.

Head of GrabExpress, Tyas Widyastuti pihaknya ikut berkontribusi langsung dengan mendukung pemerintah dalam penyaluran bansos ke masyarakat.

"Kami terus mengamati situasi terbaru dari kasus ini dan dengan sigap beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi. Meskipun situasi masih tidak menentu, kami berkomitmen untuk bisa ambil bagian dan mengatasi krisis ini bersama," ujar Tyas, dikutip dari situs Grab, Selasa (21/4/2020).

"Bagi kami, kesempatan ini adalah amanah dan kami berkomitmen penuh untuk menunaikan tanggung jawab ini dengan sebaik-baiknya demi masyarakat Indonesia. Sejalan dengan misi GrabForGood, kami ingin membawa dampak positif dari teknologi untuk masyarakat Indonesia," lanjut Tyas.

Diungkapkannya, Grab menyadari bahwa sebagian besar wirausahawan mikro seperti mitra pengemudi hingga UKM kecil lainnya terkena dampak dari situasi ini. Oleh karena itu, pihaknya berupaya agar dapat memberikan kesempatan bagi mereka untuk memperoleh penghasilan dengan cara yang paling aman melalui GrabFood, GrabExpress hingga GrabMart.

Didukung dengan inovasi seperti pengantaran tanpa kontak, edukasi, serta bantuan GrabCare, pihaknya berharap bisa membantu mitra dalam memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen. Grab juga telah melakukan kerja sama dengan BenihBaik, untuk mendistribusikan masker kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dalam melakukan proses penyaluran bansos ini, Grab akan bekerja sama dengan Kementerian Sosial dan PT. Pos Indonesia, badan usaha milik negara yang bergerak di bidang jasa pengiriman paket kepada masyarakat.

Mekanisme penyaluran ini terbagi dengan beberapa tahap. Secara singkat, PT. Pos Indonesia akan melakukan bulk order melalui web booking dan GrabForBusiness kemudian armada GrabExpress akan mengambil paket bantuan di kantor pos yang tertera di aplikasi.

Setelah mengambil paket bantuan dari kantor pos, GrabExpress akan mengantarkan paket bantuan tersebut menuju masyarakat yang menerima dengan melakukan proses proof of delivery bila paket sudah diterima. Jika orang yang dimaksud tidak dapat dihubungi atau ditemukan, paket bantuan tersebut akan langsung dikembalikan ke PT. Pos Indonesia.

"Pada saat yang sama, keselamatan dan kebersihan, yang selalu menjadi prioritas utama kami, jauh lebih penting daripada sebelumnya. Mitra pengemudi kami adalah garda terdepan dalam pandemi ini. Adalah tanggung jawab kami untuk memastikan keselamatan mereka. Oleh karena itu, mitra pengemudi kami akan mengikuti prosedur untuk mencegah penyebaran COVID-19," kata Tyas.

Tyas juga memastikan bahwa mitra Grab akan selalu menjaga kebersihan, dengan melengkapi mitra pengemudi dengan pembersih tangan dan masker. Untuk menghindari kontak langsung, Grab juga melakukan pengiriman tanpa kontak untuk menghindari kontak langsung, yang sejalan dengan kebijakan pemerintah terhadap social distancing.

Komitmen Grab dalam mendukung pemerintah yang sedang berjuang melawan COVID-19 terus berlanjut. Selain itu, Grab telah bekerja sama dengan Kementerian Pertanian dan 6 mitra bisnis dalam memastikan masyarakat Indonesia memiliki akses ke pasokan makanan disaat pandemi seperti ini.

Tak hanya itu, lanjut Tyas, sejalan dengan seruan Jokowi untuk mempercepat kapasitas uji COVID-19 di Indonesia, GrabHealth didukung oleh Good Doctor, memberikan tes gratis kepada petugas kesehatan yang profesinya membuat mereka paling rentan terhadap paparan virus, serta kepada pengemudi Grab dan mitra pengiriman yang memainkan peran penting dalam menjaga ekonomi bergerak.

Pemerintah Salurkan Bansos ke Warga Lewat Pos Indonesia-Ojol:

(prf/mpr)