ADVERTISEMENT

Polisi Sebut Begal yang Ditembak di Cakung Anggota Geng 2861, Apa Itu?

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 21 Apr 2020 16:38 WIB
Begal di Cakung
Foto: Istimewa
Jakarta -

Dua begal di Cakung, Jaktim, yang dilumpuhkan dengan timah panas oleh polisi ternyata kelompok tawuran. Kedua pelaku tergabung dalam kelompok geng '2861 Bekasi'. Geng apakah itu?

Kasat Reskrim Polres Jakarta Timur AKBP Heri Purnomo mengatakan kedua begal tersebut awalnya berkeliling untuk mencari musuh untuk melakukan aksi tawuran.

"Mereka dari geng 'Original 2862 Bekasi', mereka gabung dengan 'Geng Swadaya' bersatu," kata AKBP Heri Purnomo saat dikonfirmasi, Selasa (21/4/2020).

Heri kemudian mengungkap aktivitas Geng 2861 Bekasi dan Geng Swadaya itu. Perwira menengah kepolisian itu mengatakan kedua geng tersebut biasa bertemu dan janjian untuk mencari musuh tawuran. Dan biasanya sepulang tawuran, sebut Heri, mereka akan melakukan tindakan pembegalan di jalan.

"Mereka biasa jalan tujuan awal untuk tawuran pas mau balik biasa cari sasaran untuk dibegal," paparnya.

Heri mengatakan kedua pelaku yang berinisial WDF (17) dan MSA (18) memang sudah biasa melakukan tawuran. Namun berdasarkan pengakuan keduanya, mereka baru dua kali melakukan pembegalan.

"Mereka mainnya dari dulu sebetulnya sering, sering main, tapi tawuran-tawuran begitu. Tapi kalau begal baru dua kali lakukan, pertama di Februari kedua kemarin itu," ujar Heri.

Kedua pelaku saat ini dalam kondisi sehat setelah sempat diberi tindakan tegas terukur oleh pihak kepolisian. Mereka juga masih diperiksa terkait perbuatannya.

Sebelumnya diberitakan, dua orang begal ditembak polisi di Cakung, Jakarta Timur pada Minggu (19/4) dini hari. Mereka awalnya merampas HP milik korban di Jalan Tipar.

Kedua pelaku kemudian bertemu dengan anggota polisi yang sedang patroli. Aksi kejar-kejaran pun terjadi hingga polisi melepaskan tembakan. Kedua pelaku terluka tembak dalam kejadian itu.

(maa/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT