Jelang PSBB, Ketua Gerindra Sumbar Kirim Bantuan 20 Ton Beras

Jeka Kampai - detikNews
Selasa, 21 Apr 2020 15:49 WIB
Bantuan Gerindra Sumbar
Foto: Jeka Kampai detikcom
Padang -

Pemprov Sumatera Barat (Sumbar) akan memulai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayahnya 22 April besok. Pemberlakuan PSBB ini akan berdampak ke sejumlah kalangan.

Untuk meringankan beban warga terdampak, Gerindra Sumbar yang dipimpin Andre menyiapkan 20 ton beras untuk dibagi-bagikan. Pembagian beras akan digelar di Kota Padang, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Dharmasraya, Kota Pariaman, dan Kota Sawahlunto.

"Kami langsung mengantarkan ke pintu-pintu rumah yang datanya diberikan sejak pekan lalu. Karena beras ini datanya by name by address," kata Wakil Ketua DPD Gerindra Sumbar, Nurhaida, yang memimpin pembagian pertama di Kecamatan Kototangah, Kota Padang, tepatnya di Simpang Gia, Pasir Jambak, Lubuk Buaya dan Padang Sarai, Selasa (21/4/2020).

Nurhaida menyebutkan, untuk tahap ini, ribuan kepala keluarga (KK) diberikan bantuan beras. Karena, beras merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi warga selama masa krisis Covid-19 ini.

Pengurus Perempuan Indonesia Raya (PIRA) Sumbar ini menyebut, beras juga dibagikan untuk Kota Pariaman yang bukan daerah pemilihan (Dapil) Andre.

Terpisah, Ketua DPC Gerindra Kota Pariaman Mimi Elfita menyampaikan terima kasih dari ratusan warga yang mendapatkan bantuan beras dari Andre. "Meski Pak Andre di Dapil 1, bukan Dapil 2, tapi beliau tetap membantu warga kami. Semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut," kata Mimi.

Bantuan Gerindra SumbarBantuan Gerindra Sumbar Foto: Jeka Kampai detikcom

Andre yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar yang dihubungi mengatakan pembagian beras kali ini adalah permintaan dari masyarakat pasca-pembagian sembako beberapa waktu lalu. Setelah menghimpun data, diperkirakan membutuhkan 20 ton beras untuk PSBB selama 14 hari.

"Kami memang baru bisa membagikan di Padang, Sijunjung, Dharmasraya dan Sawahlunto saja, karena keterbatasan dana. Berikut, kita akan usahakan semua daerah bisa kebagian. Mohon dukungan dan doa semua warga Sumbar agar wabah ini cepat berlalu," kata anggota Komisi VI DPR RI ini.

Andre mengatakan yang dilakukan ini sesuai dengan arahan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto. "Prabowo berpesan agar semua kader Gerindra membantu masyarakat yang kesusahan akibat pandemi Covid-19," katanya.

"Kami akan terus memberikan bantuan untuk membantu warga Sumbar menghadapi virus dan tetap menjalankan PSBB," kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini lagi.

Andre menyebutkan, saat Ramadhan nanti, dia juga akan membagikan sekitar 10 ribu paket sembako untuk masyarakat Sumbar.

(tor/fjp)