Ini Isi Paket Sembako Rp 300 Ribu yang Dibagi Kemensos Selama Masa Pandemi

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Selasa, 21 Apr 2020 15:50 WIB
Kemensos bagikan bansos 2 kali dalam sebulan untuk warga atas dampak pandemi Corona (Dok. Kemensos)
Foto: Kemensos bagikan bansos 2 kali dalam sebulan untuk warga atas dampak pandemi Corona (Dok. Kemensos)
Jakarta -

Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan sembako senilai Rp 300 ribu untuk warga di tengah pandemi Corona (COVID-19). Apa saja isi bantuan tersebut?

Sekertaris Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kemensos, Nurul Farijati, menjelaskan bantuan itu berupa kebutuhan pokok seperti beras, susu, hingga sabun mandi. Bantuan tersebut diterima dua kali dalam satu bulan.

"Kalau yang bantuan sembako Presiden itu sebulan cair 2 kali dengan nilai Rp 300 ribu yang diwujudkan dalam bentuk sembako dengan rincian antara lain beras, minyak goreng, sarden, kornet, sambal, kecap, mi instan, susu UHT, teh, dan sabun mandi," kata Nurul dalam keterangan tertulis, Selasa (21/4/2020).

Selain menyalurkan bantuan sembako senilai Rp 300 ribu, Kemensos juga menambah jumlah penerima bantuan sembako lainnya di tengah masa pandemi Corona. Kemensos menambah 4,8 juta penerima bantuan lewat perluasan program BPNT.

Foto: Kemensos bagikan bansos 2 kali dalam sebulan untuk warga atas dampak pandemi Corona (Dok. Kemensos)

"Penambahan 4,8 juta (Keluarga Penerima Manfaat) ini merupakan perluasan program sembako yang dulu dikenal dengan nama Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)," kata Mensos Juliari Batubara saat menyerahkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Tangsel, Selasa (21/4).

Juliari menyebut, bantuan sembako ini berbeda dengan bantuan yang baru-baru ini diluncurkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dengan adanya penambahan 4,8 juta penerima, maka jumlah penerima program sembako menjadi 20 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia pada 2020.

"Sebelumnya jumlah penerima program sembako sebanyak 15,2 juta KPM. Sekarang menjadi 20 juta KPM," ucapnya.

Tonton video Menteri Perdagangan Buka Kartu Stok Sembako Saat Corona:

(abw/jbr)