2 Mahasiswanya Positif Corona, UIN Aceh Cari Tahu Kontak Terakhir

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 20 Apr 2020 17:22 WIB
Poster
Foto Ilustrasi Corona. (Edi Wahyono/detikcom)
Banda Aceh -

Dua mahasiswa Malaysia yang kuliah di UIN Ar-Raniry Aceh dinyatakan positif Corona ketika mudik. Pihak kampus mulai mencari tahu orang-orang yang pernah berinteraksi dengan keduanya.

"Setelah mereka positif kita cek langsung ke lokasi tempat tinggal dia bekerja sama dengan Pemkab Aceh besarnya. Kita mencari tahu dengan siapa dia pernah berkontak dan berkomunikasi terakhir," kata Ketua Tim Gugus Pencegahan COVID-19 UIN Ar-Raniry Ibnu Sa'dan saat dikonfirmasi wartawan, Senin (20/4/2020).

(Judul dan sebagian isi beriat ini dimutakhirkan pukul 20.30 WIB. Pihak UIN Ar-Raniry memperbarui data. Mahasiswa asal Malaysia yang berkuliah di UIN Ar-Raniry. Seorang mahasiswa lagi belum diketahui asal kampusnya)

Rumah tempat tinggal keduanya juga sudah disemprot disinfektan. Menurut Ibnu, selama ini UIN Ar-Raniry sudah menerapkan kuliah daring sehingga mahasiswa belajar dari rumah.

Selain itu, pihak kampus sudah membuat kebijakan mahasiswa luar negeri dilarang mudik. Bila pun mereka pulang kampung, sebut Ibnu, harus ada jaminan dari kedutaan besar (dubes).

"Jadi mahasiswa Malaysia pulang ditanggung oleh dubes. Makanya berkumpul di Medan (Bandara Kualanamu, Sumatera Utara). Diduga mereka terpapar Corona di Medan," jelasnya.