Kemenag Siapkan Skenario Pelatihan Jemaah yang Tak Bisa Akses Manasik Online

Ilman Nafian - detikNews
Senin, 20 Apr 2020 16:51 WIB
Gedung Kemenag/Istimewa
Foto: Gedung Kemenag/Istimewa
Jakarta -

Kementerian Agama (Kemenag) telah menyusun rencana pelatihan manasik online bagi calon jemaah haji 1441 Hijriah. Manasik online itu bertujuan agar para jemaah tetap mendapatkan materi selama masa pandemi Corona (COVID-19).

Namun, manasik online rupanya tidak serta-merta dapat menjangkau seluruh masyarakat. Sebab, tak sedikit dari calon jemaah yang tidak memiliki fasilitas seperti komputer, smartphone untuk mengakses informasi secara online.

Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag, Khoirizi H Dasir mengatakan, pihaknya akan memberdayakan kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) di kabupaten/kota hingga kecamatan untuk membantu memberikan edukasi kepada jemaah yang tidak memiliki fasilitas untuk mengakses informasi. Selain itu, petugas KUA juga akan diminta untuk ikut memberikan edukasi.

"Jadi itu kan ada kita punya kepanjangan di kabupaten/kota, di kecamatan itu kan ada KUA, ada Kasi Haji, di masyarakat kan ada KBIH. Itu kita berdayakan, ada tenaga-tenaga sertifikasi pada penyuluh," ujar Khairizi saat dihubungi detikcom, Senin (20/4/2020).

Meski demikian, manasik online juga belum sepenuhnya efektif. Kemenag baru membuat artikel mengenai materi-materi seputar manasik yang ditampilkan di website haji.kemenag.go.id dan kemenag.go.id.

"Kalau yang di web itu kita sementara baru berupa artikel-artikel terus power point," ucapnya.