Mahfud Md Jelaskan Alasan Pemerintah Keluarkan Perppu Corona

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 20 Apr 2020 16:36 WIB
Mahfud Md
Mahfud Md (Andika/detikcom)

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu tidak mempermasalahkan apabila Perppu Nomor 1/2020 nantinya tidak disetujui oleh DPR agar masyarakat juga melihat letak kesalahan pemerintah dalam membuat Perppu tersebut. "Kalau tidak setuju ya tidak apa-apa, itu kan rakyat menjadi tahu kenapa tidak setuju di mana salahnya pemerintah, kalau masalah kan nanti akan ketahuan juga," ujarnya.

Terkait banyak orang yang menggugat Perppu Corona, Mahfud mengaku tak ambil pusing. Menurutnya, gugatan Perppu itu sudah biasa terjadi di negara demokrasi.

"Juga supaya diingat ya, tidak pernah ada satu pun Perppu di republik ini yang tidak di-challenge. Jadi ketika kita membuat Perppu, itu sudah pasti nanti ada yang men-challenge. Dan tidak apa-apa, kalau mau membuat Perppu tuh tidak ada hukumannya. Meskipun salah, ya diperbaiki dong di DPR, diperbaiki dong di MK, nggak ada hukumannya. Tetapi, tentu ketika di-challenge itu diselesaikan oleh MK, maupun DPR, tetapi itu harus MK yang membuka jalan keluar kalau tidak setuju dengan itu," pungkasnya.


(zap/zap)