Mahfud Md Jelaskan Alasan Pemerintah Keluarkan Perppu Corona

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 20 Apr 2020 16:36 WIB
Mahfud Md
Mahfud Md (Andika/detikcom)
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md menjelaskan alasan pemerintah mengeluarkan Peraturan Perundang-Undangan (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020. Mahfud menyebut Perppu itu adalah salah satu upaya pemerintah bertindak di masa pandemi Corona.

"Pemerintah harus melakukan tindakakan-tindakan yang sangat penting dan perlu dana banyak, sementara perangkat hukumnya tidak ada. Sehingga kalau langsung bertindak itu salah. Maka dibuat Perppu yang nantinya akan dibahas di DPR akan disetujui atau tidak," kata Mahfud dalam akun YouTube Frans Membahas seperti yang dilihat, Senin (20/4/2020).

Mahfud menuturkan pemerintah perlu melakukan tindakan-tindakan yang belum memiliki landasan hukum, salah satunya membuat Perppu. Dia menegaskan Perppu ini bertujuan membantu rakyat.

"Kalau tidak disetujui kan perlu ada solusinya karena DPR pun pada substansinya untuk membantu rakyat itu setuju. Mekanismenya bagaimana? Nanti kita lihat saja. Jadi memang Pemerintah harus melakukan tindakan yang belum ada landasan hukumnya," tuturnya.

"Misalnya mengeluarkan uang yang begitu banyak khusus safety net itu anggarannya nggak ada, nah kalau langsung dikeluarkan itu langsung melanggar, melanggar UU. Oleh sebab itu, Perppu untuk memberi jalan itu. Nanti DPR tinggal pertimbangkan begitu," lanjutnya.