4 Kurir Ganja Asal Aceh Ditangkap di Batam

Agus Siswanto Siagian - detikNews
Senin, 20 Apr 2020 16:28 WIB
4 Kurir ganja ditangkap di Batam.
Empat kurir ganja ditangkap di Batam. (Foto: Istimewa)
Batam -

Polisi menangkap empat kurir narkoba di Batam, Kepulauan Riau. Sebanyak 6 kilogram ganja pun disita.

Polisi awalnya menangkap Roni alias Usman Siregar di pelabuhan feri domestik Sekupang, Batam, Senin (20/4/2020), berdasarkan laporan masyarakat yang mencurigainya. Saat ditangkap polisi, Roni mengaku menjadi kurir bersama 3 rekannya.

"Narkotika jenis daun ganja kering ini saya bawa dari Aceh, kemudian saya antarkan pada kurir jaringan kami yang ada di Batam, saya memilih jalur pelayaran domestik kapal feri karena kapal Pelni tidak berlayar dari pelabuhan Belawan," ujar Roni.

Polisi lalu melacak dan menyergap tiga kurir rekan Roni di kawasan pelabuhan feri domestik Sekupang.

"Ketiga kurir yang berhasil ditangkap polisi, 2 pria bernama Bima Suhada, Wisnu Satria, dan 1 wanita bernama Atika Awing Rasian yang semuanya tinggal di daerah Bengkong Batam," kata Dirresnarkoba Polda Kepri Kombes Muji Supriadi.

Dari tangan pelaku, polisi menyita 6 kilogram daun ganja kering, ponsel, dan sejumlah hasil penjualan narkotika sebelumnya. Keempat pelaku telah ditahan di Mapoldi Kepri untuk ditindaklanjuti.

Para pelaku penyelundupan ganja dikenakan Pasal 114 dan 112 UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana paling rendah 6 tahun dan maksimal seumur hidup atau hukuman mati.

(idh/idh)