Baleg DPR Bentuk Panja RUU Ciptaker, Fraksi PKS Tak Kirim Perwakilan

Mochamad Zhacky - detikNews
Senin, 20 Apr 2020 14:32 WIB
Pembangunan gedung baru untuk DPR RI menuai kritikan berbagai pihak walaupun Ketua DPR Setya Novanto menyebut Presiden Jokowi telah setuju pembangunan tersebut. Tetapi Presiden Jokowi belum teken Perpres tentang pembangunan Gedung DPR. Lamhot Aritonang/detikcom.
Gedung MPR/DPR (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Panitia Kerja (Panja) RUU Cipta Kerja (Ciptaker) telah dibentuk. Dari 9 fraksi yang ada di DPR, hanya Fraksi PKS yang tidak mengirimkan perwakilan untuk Panja RUU Ciptaker.

"Menyetujui pembentukan Panitia Kerja RUU tentang Cipta Kerja," demikian kesimpulan rapat Badan Legislasi (Baleg) DPR tertanggal 7 April 2020, seperti dikutip detikcom, Senin (20/4/2020).

Dalam rapat yang digelar pada 7 April lalu, Baleg DPR memastikan Panja RUU Ciptaker akan membuka ruang partisipasi publik. Panja tersebut akan membuka ruang seluas-luasnya agar masyarakat dapat memberikan saran dan masukan terkait RUU Ciptaker.

"Menyetujui Panja RUU tentang Cipta Kerja membuka ruang partisipasi publik secara luas dengan mengundang berbagai stakeholders dan para narasumber untuk memberikan saran dan masukan terhadap RUU tentang Cipta Kerja, sebagai bahan bagi fraksi-fraksi dalam menyusun DIM," begitu salah satu poin kesimpulan rapat.

Berikut ini daftar nama anggota Panja RUU Cipta Kerja:

Ketua: Supratman Andi Agtas
Wakil Ketua: Rieke Diah Pitaloka, Willy Aditya, Ibnu Multazam, Achmad Baidowi

PDIP
- Sturman Panjaitan
- Irmadi Lubis
- Ichsan Soelistio
- Arteria Dahlan
- Hendrawan Supratikno
- Diah Pitaloka
- My Esti Wijayati
- Andreas Eddy Susetyo

Golkar
- Firman Soebagyo
- Nurul Arifin
- John Kenedy Azis
- Supriansa
- Sarmuji
- Lamhot Sinaga

Gerindra
- Heri Gunawan
- Obon Tabroni
- Hendrik Lewerissa
- Darori Wanodipuro
- Sodik Mudjahid

NasDem
- Taufik Basari
- Saan Mustopa
- Fauzi H Amro

PKB
- Mohammad Toha
- Ela Siti Nuryamah
- Sukamto

Demokrat
- Bambang Purwanto
- Hinca Pandjaitan
- Benny Kabur Harman

PKS
Belum menyerahkan nama

PAN
- Guspardi Gaus
- Ali Taher
- Nasril Bahar

PPP
-Syamsurizal

Sebelumnya, Fraksi PKS DPR secara tegas menolak pembahasan omnibus law RUU Cipta Kerja dilanjutkan di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Anggota Fraksi PKS, Adang Daradjatun, menyebut jika pembahasan RUU Ciptaker dilanjutkan akan timbul persepsi bahwa DPR tidak memiliki empati, sebab masyarakat saat ini tengah berjuang melawan virus Corona.

"Namun, kondisi saat ini cukup sulit dengan adanya COVID. Untuk itu, kami Fraksi PKS memberikan catatan penting, walaupun ini bagian dalam rapat selanjutnya. Kondisi saat ini bukan persoalan biasa, untuk itu seyogianya wajib untuk fokus penanggulangan keadaan ini," kata Adang dalam rapat kerja (raker) antara Badan Legislasi (Baleg) DPR RI dengan pemerintah yang disiarkan secara langsung di YouTube DPR, Selasa (14/4).

(zak/elz)