Round-Up

Adu Kuat Wali Kota-Pedagang Ikan Hias Jatinegara yang Masih Nekat

Tim detikcom - detikNews
Senin, 20 Apr 2020 09:00 WIB
Kerumunan di Pasar Ikan Jatinegara, Jakarta Timur (akun @goldfaser, Ammar Fawzi)
Foto: Kerumunan di Pasar Ikan Jatinegara, Jakarta Timur (akun @goldfaser, Ammar Fawzi)
Jakarta -

Viral Pasar Ikan Hias Jatinegara, Jakarta Timur (Jaktim) ramai di tengah penerapan Pembatasan Sosial Berskala (PSBB) membuat Wali Kota Jaktim M Anwar kesal. Anwar menyayangkan sikap warga yang apatis terhadap kebijakan pemerintah demi mencegah penularan virus Corona (COVID-19).

"Sudah berkali-kali ditindak, tiap hari kita angkat, kita lempari, kita main kuat-kuatan. Masalahnya gitu, mau gimana orang yang dagang orang Bekasi, orang daerah-daerah gitu," kata Anwar saat dihubungi detikcom, Minggu (19/4/2020).

Untuk diketahui, dalam foto yang viral, suasana hiruk-pikuk pasar terlihat. Ada sejumlah warga di pasar yang sedang membeli ikan hias dan tak memakai masker, juga tak menerapkan imbauan physical distancing.

Dalam foto tersebut tampak ada kerumunan warga lebih dari lima orang. Warga berkerumun di sekitar emperan toko. Sementara di sisi jalan banyak sepeda motor terparkir, hampir memakan area badan jalan.

Anwar mengatakan petugas dari Pemkot Jaktim selalu melakukan penertiban setiap hari namun tidak hiraukan oleh para pedagang. Para pedagang ikan hias itu tetap berjualan di pasar tersebut.

"Kita sudah bubarkan kan, sudah ditutup itu yang di lapangan. Kita tutup, tapi emang (pedagang) bandel. Suka gelar-gelar tiap hari, kita kibas terus, main kuat-kuatan aja," ujarnya.

Anwar mengaku akan melakukan penjagaan lebih ketat di lokasi itu. Bahkan, ia menyebut bakal memerintahkan jajarannya melakukan penjagaan sebelum para pedagang mulai berjualan.

"Ya kita akan jaga kalau bisa dari malam, sebelum mereka buka, kita dudukin. Udah nggak ada cerita lagi," tuturnya.

Di Tengah PSBB Jakarta, Pedagang di Pasar Cipulir Nekat Berjualan:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3