ADVERTISEMENT

Polisi Ingatkan Sanksi Bagi Warga yang Langgar PSBB di Makassar

Hermawan Mappiwali - detikNews
Senin, 20 Apr 2020 08:05 WIB
Suasana Masjid Terapung Amirul Mukminin di Anjungan Pantai Losari yang telah ditutup untuk umum saat matahari tenggelam di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (17/4/2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam percepatan penanganan COVID-19 di Kota Makassar akan diterapkan pada Jumat (24/4/2020) mendatang.
Suasana Pantai Losari Makassar, Sulsel, saat penerapan PSBB berlaku. (Foto: ANTARA FOTO/ABRIAWAN ABHE)
Makassar -

Penerapan perdana Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), sudah di depan mata. Warga pun diminta mematuhi bentuk-bentuk larangan saat PSBB lantaran bisa dijerat pidana jika membandel.

Kapolrestabes Makassar Kombes Yudhiawan Wibisono mengatakan, seluruh stakeholder bakal mengacu pada Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Sosial saat PSBB nanti. Dia pun meminta agar warga cermat memahami hal-hal yang dilarang saat PSBB sehingga tujuan untuk memutus mata rantai Corona dapat dimaksimalkan.

"Saya mengacunya tetap ke Undang-undang Kekarantinaan Kesehatan bahwa dilarang itu untuk pembatasan sosial, contoh unjuk rasa, perkawinan, terus keramaian yang lain itu dibatasi," ujar Yudhiawan Wibisono saat dihubungi detikcom, Senin (20/4/2020).



"Terus kemudian yang kedua pembatasan kegiatan keagamaan, salat-salat berjamaah sudah tidak boleh lagi, ke gereja tidak boleh lagi. Kita koordinasi ke MUI, NU, Muhammadiyah," sambungnya.

Kapolrestabes Makassar Kombes Yudhiawan WibisonoKapolrestabes Makassar Kombes Yudhiawan Wibisono Foto: Hermawan M-detikcom



Selain itu, kata Yudhiawan, pembatasan moda transportasi dengan mode tertentu juga akan diterapkan di Makassar. Ada ketentuan soal jumlah pengendara baik roda dua maupun roda empat.

"Misal tidak boleh berboncengan, terus kemudian mobilnya misalnya sedan maksimal 3, kalau mobil minibus maksimal 4," katanya.

"Terus ada lagi pembatasan apa yang boleh apa yang tidak boleh, contoh restoran boleh tapi tidak makan di situ (take away order alias dibawa pulang ke rumah)," terangnya.

Pemerintah Minta Semua Pihak Jamin Kelancaran Arus Logistik Selama PSBB:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT