Klaim Kasus Corona Terkendali, MUI Kota Bengkulu Izinkan Tarawih di Masjid

Hery supandi - detikNews
Minggu, 19 Apr 2020 23:26 WIB
Bulan Ramadhan telah tiba, umat Muslim di berbagai daerah berbondong-bondong melaksanakan salat tarawih di malam pertama Ramadhan. Seperti apa potretnya?
Ilustrasi (Foto: Antara Foto)
Bengkulu -

Majelis Ulama Indonesia (MUI) kota Bengkulu menerbitkan maklumat dalam menyambut bulan suci Ramadan 1441 Hijriah. Salah satu poin dalam maklumat tersebut, MUI tetap mengizinkan warga untuk salat tarawih dan salat Jumat berjamaah di masjid di kota Bengkulu.

Maklumat MUI Kota Bengkulu dalam menyambut bulan suci Ramadhan tersebut, dikeluarkan berdasarkan rapat bersama dewan pimpinan MUI kota Bengkulu. Ketua MUI kota Bengkulu, Zul Effendi mengatakan, MUI tetap menganjurkan salat tarawih dan salat Jumat berjamaah di masjid di tengah pendemi COVID-19, anjuran itu ada di poin keempat maklumat tersebut.

"Karena berpedoman pada itulah maka kami membuat maklumat tersebut, selain itu kondisi kota Bengkulu relatif aman dan terkendali, " ujar Zul Effendi saat dikonfirmasi, Minggu (19/4/2020).

Ada beberapa pertimbangan dari maklumat tersebut. Di antaranya, MUI memandang jika kota Bengkulu, masih tergolong dalam zona aman pandemi COVID-19. Maklumat ini bisa menjadi pandangan bagi umat Islam di kota Bengkulu untuk menjalankan ibadah selama bulan Ramadan.

Selain itu juga MUI kota Bengkulu juga berpatokan pada fatwa MUI pusat nomor 14 tahun 2020, di mana salah satu isinya, jika kawasan penularan rendah, dan penularan relatif terkendali tetap diperbolehkan sholat berjamaah, maka hal tersebut menjadi rujukan MUI kota dalam mengeluarkan maklumat.

Meski demikian, dalam point kelima maklumat MUI kota Bengkulu, ada 10 syarat yang diwajibkan sebelum salat berjamaah di masjid. Seperti menjaga dan memastikan masjid dalam kondisi bersih, menyimpan karpet masjid, dan jamaah membawa sajadah sendiri, salat di masjid di lingkungan sendiri, jamaah yang sakit diminta tidak salat berjamaah di masjid, dan beberapa syarat lainnya.

MUI kota Bengkulu memastikan, maklumat ini tetap memperhitungkan situasi dan kondisi daerah dan perkembangan wabah COVID-19. Selain itu maklumat ini tidak berlaku untuk ibadah salat Idul Fitri.

(lir/lir)