FKM UI Beri Target Pemerintah Selesaikan Virus Corona: Juni Selesai

Tiara Aliyya Azzahra - detikNews
Minggu, 19 Apr 2020 17:00 WIB
Poster
Ilustrasi Lawan Corona (Edi Wahyono/detikcom)

Pandu menyarankan agar setidaknya pemerintah dapat responsif dalam menangani Virus Corona, mengingat penularan Virus Corona ini terjadi antarmasyarakat. Menurutnya, negara yang berhasil menangani kasus Corona adalah negara yang memiliki respons cepat.

"Negara yang berhasil adalah yang respons cepat, kita harusnya cepat tapi kita nunda-nunda ada PSBB lokal, dan sebagainya. Nanti hanya Jakarta saja yang PSBB, di wilayah lain belum. Kita harus selesaikan masalah ini dengan sama-sama. Kuncinya adalah cepat respon, kalau lambat-lambat kita biarkan virus tersebut," jelasnya.

Selain itu, Pandu menyoroti masih banyaknya masyarakat yang belum paham dengan penerapan jaga jarak atau physical distancing. Padahal, menurut Pandu, penerapan ini merupakan cara satu-satunya memutus rantai penyebaran COVID-19, mengingat penularan virus Corona terjadi antarmasyarakat.

"Saat ini Indonesia sudah masuk community infection atau penularan di masyarakat, makanya harus tinggal di rumah. Kalau sudah mulai ada gejala ringan. Social distancing (physical distancing) adalah pilihan yang satu-satunya bisa dilakukan, tapi harus benar-benar dilakukan. Ini bisa berikan dampak yang besar. Karena masih banyak orang yang tidak paham bahwa ini cara satu-satunya untuk mencegah perluasan virus," pungkasnya.

Halaman

(zap/zap)