Ini Filosofi Bumi Langit Yogyakarta, Tempat Obama Pernah Makan Siang

Nurcholis Maarif - detikNews
Minggu, 19 Apr 2020 14:12 WIB
Butet Kertaradjasa - Mola Tv
Foto: dok Mola TV
Jakarta -
Pada tahun 2017, mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarga berkunjung ke Yogyakarta. Salah satu tempat yang dikunjungi untuk makan siang ialah Bumi Langit yang berada di Jalan Imogiri, Bantul.

Namun, tahukah kamu bahwa Bumi Langit Institut yang didirikan oleh Iskandar Waworuntu pada tahun 2006 ini ternyata memiliki arti yang panjang dan filosofi tersendiri, terutama tentang makanan dan kemuliaan.

"Kalau diceritain panjang, kalau substansinya ini kan sebuah pencarian hidup, pemaknaannya itu bisa dilihat di tempat ini. Masalah kehidupan manusia sedang mengalami krisis, salah satunya krisis kemuliaan. Barang sing mulia iki angle. Kalau saya di sini terkait makanan," ujar Iskandar.

"Karena salah satu sumber krisis kemanusiaan itu terkait dengan makanan. Karena makanan itu sudah tidak lagi menjadi sesuatu yang memuliakan hidup, mungkin hanya mengenyangkan, menyenangkan secara emosional di lidah, di perut, tapi secara substansi itu tidak membawa keberkahan," imbuhnya.

Karena secara saintifik pun, kata Iskandar, sudah dibuktikan bahwa yang namanya makanan itu amat terkait dengan perilaku dan psikologi. Jadi kalau asal-usul makanannya tidak karuan, outcome dalam hidup pun cenderung nggak karuan.

Bumi Langit Institute yang merupakan kawasan terpadu yang menerapkan permaculture ingin merangkai sebuah tatanan atau rantai yang punya manfaat satu sama lain. Semua sektor yang ada di Bumi Langit Institute berjalan saling terkait, termasuk pemanfaatan kotoran hewan untuk pupuk tanaman agar bisa dikonsumsi.

Berangkat dari latar belakangnya sebagai seorang seniman, Iskandar menganggap apa yang ia lakukan saat ini tidak lain daripada bentuk berkesenian dalam wujud lain. Iskandar menganggap manusia dan alam harus berjalan seimbang. Baginya, manusia harus bisa peka terhadap hal-hal di sekitarnya, tanpa ada sekat atribut apapun.

Jika kamu ingin lebih tahu arti filosofi Bumi Langit Institut dapat melihat selengkapnya dalam acara Blusukan Butet Kartaredjasa: Food Philosophy di Mola TV. Semua itu dapat dilihat melalui paket Corona Care Mola TV.

Dalam program ini, Mola TV mengajak masyarakat untuk turut peduli melalui Corona Care, sebuah program yang bertujuan untuk membantu pemerintah melawan wabah virus COVID-19 di Indonesia.

Program ini dapat disaksikan juga dengan memberikan sumbangan yang beragam mulai dari Rp 0 (atau sekadar doa) hingga Rp 5 juta. Nantinya setiap sumbangan tersebut akan digandakan Mola TV dan disalurkan kepada BNPB dan PMI untuk membantu perjuangan melawan wabah virus Corona.

(ega/ega)