Penjambret Buron 2 Tahun Kerap Kunjungi Kekasih 'Partner in Crime' di Bui

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 17 Apr 2020 19:05 WIB
Ilustrasi Begal, Rampok, Jambret. Andhika Akbarayansyah/infografis.
Foto: Andhika Akbarayansyah/detikcom
Jakarta -

Pelaku penjambretan, FA (23), jadi buron selama dua tahun setelah melakukan aksi penjambretan bersama kekasihnya, R. Selama menjadi buron, FA kerap mengunjungi R yang sudah lebih dulu dijebloskan ke penjara.

Kapolsek Metro Taman Sari AKBP Abdul Gofur mengatakan FA tertangkap setelah polisi membuntuti R yang baru saja dibebaskan dari penjara. Abdul menyebut R dan FA ternyata masih kerap menjalin hubungan.

"Setelah pasangan wanita dihukum dan bebas, anggota reskrim melakukan pengawasan, pemantauan, dan pengintaian kembali ke pelaku bebas ini, ternyata berhasil ditemukan mereka masih hubungan komunikasi," kata Abdul saat konferensi pers secara live melalui akun Instagram Polsek Metro Taman Sari, Jumat (17/4/2020).

Abdul menyebut pihaknya tidak butuh waktu lama untuk kemudian menangkap FA ketika bertemu dengan R. Selain itu, dia mengungkap FA ternyata kerap mengunjungi kekasihnya yang berada di penjara.

"Mungkin masih berhubungan ya, masih menjenguk si pasangannya mungkin, terbukti kemarin masih berhubungan juga keduanya," ucapnya.

Dia menyebut FA dan R memang sudah kerap melakukan penjambretan sebelum 2018. Namun saat ini FA sudah diamankan di Polsek Metro Taman Sari.

"Kemudian pelaku ini pengakuannya sudah lakukan 3 kali saat dulu tahun 2018, sebelum 2018 sudah lakukan 3 kali," ujar Abdul.

Atas perbuatannya, FA dikenai Pasal 365 KUHP terkait pencurian dengan kekerasan. FA diancam dengan hukuman 9 tahun penjara.

(maa/mea)