RS Krakatau Medika Cilegon Layani Tes Corona Mandiri, Segini Biayanya

M Iqbal - detikNews
Jumat, 17 Apr 2020 12:27 WIB
RS Krakatau Medika
RS Krakatau Medika (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Rumah Sakit Krakatau Medika (RSKM) milik BUMN Krakatauu Steel membuka layanan tes diagnostik cepat (rapid test) COVID-19 mandiri. Layanan itu berbiaya dari Rp 400 ribu hingga Rp 2 juta.

Rumah sakit milik BUMN itu awalnya hanya membuka rapid test mandiri untuk karyawan Krakatau Steel Group. Namun, masyarakat umum dipersilakan melakukan pemeriksaan terkait pandemi Corona.

"Ya benar jadi memang dengan yang sedang kita hadapi ini wabah, khususnya di Cilegon, intensitasnya semakin naik, makanya sebagai pelayanan masyarakat untuk pencegahan, screening awal terhadap pasien yang ingin memeriksakan dirinya tentang kondisi virus ini kami menyediakan layanan tersebut," kata Senior Officer Humas & CSR, Agus Wirawan di Cilegon, Jumat (17/4/2020).

"Memang ini kebutuhannya rekanan KS Group, kita menyediakan itu sehingga muncul lah selebaran ini, sebetulnya khususnya untuk KS grup untuk memeriksakan rapid test karena beberapa karyawan ada juga yang dinas dan tinggal di Jakarta," ujarnya.

Biaya rapid test itu muncul di selebaran yang tersebar di kalangan masyarakat Cilegon. Ada 3 paket untuk pemeriksaan rapid test, yakni paket A Rp 495.000, paket B Rp 755.000, dan paket C Rp 2.034.500. Biaya itu meliputi konsultasi dokter hingga tes laboratorium.

Selain itu, ada pemeriksaan PCR test (swab tenggorokan) dengan tarif Rp 2.229.000. Meski demikian, tes mandiri ini tidak ditanggung oleh BPJS kecuali bagi orang berstatus PDP dan dinyatakan positif Corona.

"Jadi kalau BPJS itu sebenarnya untuk penunjang rapid test tidak ditanggung BPJS kecuali dia dinyatakan positif atau PDP, itu proses penanganannya kita berkoordinasi dengan pemerintah daerah sampai ke pusat," kata dia.

(bal/zlf)