KPK Tunggu Saeful soal Percakapan Hasto 'DP Penghijauan' Rp 600 Juta

Ibnu Hariyanto - detikNews
Jumat, 17 Apr 2020 12:27 WIB
KPK akan segera memiliki gedung baru yang kini proses pembangunannya sudah masuk ke tahap akhir. Gedung KPK yang baru, sengaja dibangun dengan warna merah putih, sebagai simbol KPK milik Indonesia. Hasan Alhabshy
Gedung Merah-Putih KPK (Foto: dok detikcom)
Jakarta -

Jaksa KPK mengungkapkan adanya percakapan antara Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan terdakwa Saeful Bahri membahas 'DP penghijauan' Rp 600 juta. KPK mengatakan akan mengkonfirmasi perihal percakapan itu ke Saeful.

"Setiap keterangan saksi yang ada, termasuk keterangan saksi Hasto Kristiyanto, jaksa penuntut umum (JPU) KPK tentu akan mengkonfirmasi kembali dengan saksi-saksi berikutnya dan termasuk pula nantinya dengan keterangan terdakwa Saeful," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat (17/4/2020).

Ali mengaku setiap fakta yang muncul dalam persidangan akan dicatat oleh jaksa KPK. Sebab, Ali mengatakan fakta sidang itu akan dijadikan pertimbangan jaksa untuk menyusun tuntutan serta pembuktian perkara tersebut.

"Fakta-fakta tersebut akan dituangkan dalam surat tuntutan dan akan dilakukan analisa mendalam dengan menghubungkan keterangan saksi satu dengan saksi yang lain serta dengan alat bukti lainnya," ujarnya.

Meski demikian, Ali menyebut KPK belum berandai-andai soal percakapan antara Hasto dengan Saeful itu apakah bagian dari perkara suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR atau bukan. Ali mengaku KPK masih menunggu pengakuan dari Saeful di persidangan.

"Terdakwa nanti akan memberikan keterangannya sebagai terdakwa, kita ikuti fakta-faktanya," sebutnya.

Perihal percakapan antara Hasto dan Saeful soal 'DP penghijauan' Rp 600 juta itu terungkap dalam sidang lanjutkan kasus suap PAW DPR RI. Dalam sidang itu, Hasto diperiksa sebagai saksi, sedangkan Saeful duduk sebagai terdakwa.

Selanjutnya
Halaman
1 2