Bertambah 3, Pasien Sembuh dari Corona di Riau Jadi 9 Orang

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Jumat, 17 Apr 2020 09:48 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto Ilustrasi Corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Pekanbaru -

Kabar gembira disampaikan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Riau. Tiga pasien positif virus Corona (COVID-19) dinyatakan sembuh. Pasien tersebut pun kini telah dipulangkan.

"Berita baik kami sampaikan, dari pasien kita yang dirawat positif, ada 3 tambahan pasien yang dinyatakan sembuh sesudah swab yang dinyatakan hasil negatif. Mereka sudah sembuh," kata Jubir Gugus Tugas COVID-19 Riau, dr Indra Yovi, kepada wartawan, Jumat (17/4/2020).

Yovi menjelaskan pasien yang dinyatakan negatif pada swab kedua itu adalah pasien wanita berinisial R (58) serta pasien pria berinisial DS dan SS yang dirawat RSD.

"Semuanya pulang dengan kondisi yang baik, sehat walafiat. Kami minta tetap melakukan protokol kesehatan sesudah selesai dinyatakan sembuh," kata Yovi.

Mereka yang dinyatakan sembuh, sambungnya, harus melakukan isolasi mandiri selama 7-10 hari. Hal ini dilakukan agar virus tidak berkembang kembali.

"Karena ada teorinya pasien yang sudah dinyatakan sembuh dia akan tetap berisiko. Sehingga mereka harus tetap melakukan isolasi mandiri," kata Yovi.

Di Riau, total pasien positif berjumlah 24 orang. Dari jumlah tersebut, kini pasien yang dinyatakan sembuh seluruhnya menjadi 9 orang. Pasien yang sedang dirawat sebanyak 12 orang dan 3 pasien meninggal dunia.

Untuk PDP total keseluruhan ada 298 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 133 orang dinyatakan sembuh dan meninggal dunia 26 orang.

Kemenkes: Tenaga Medis Wajib Pakai APD yang Tepat & Sesuai Standar:

(cha/mae)