Remaja Pelesetkan Lagu Aisyah Istri Rasulullah, MUI: Rendahkan Derajat Nabi

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 17 Apr 2020 08:24 WIB
viral penistaan agama
Remaja yang memelesetkan lagu Aisyah Istri Rasulullah viral di Instagram (Foto: Tangkapan layar)
Jakarta -

Video remaja yang memelesetkan lagu Aisyah Istri Rasulullah viral di Instagram. Majelis Ulama Indonesia (MUI) angkat bicara terkait video tersebut.

"Ya kan merendahkan derajat nabi, ya, tapi jangan terlalu cepat ke sana (penistaan agama), jangan-jangan yang bersangkutan tidak tahu. Yang jelas, jangan lah melakukan hal-hal yang akan mengundang kontroversi sehingga nanti persoalannya akan berlarut-larut," ujar Sekretaris Jenderal MUI Anwar Abbas ketika dihubungi detikcom, Kamis (16/4/2020).

Dalam video yang beredar, remaja yang diketahui berinisial B itu memelesetkan salah satu penggalan lirik dan menyebut Aisyah dan Rasulullah pernah minum anggur merah. Anwar menilai tersangka memberikan informasi yang salah.

"Dalam benak orang itu anggur merah itu adalah bir dan alkohol, yaitu berarti yang bersangkutan telah membuat sebuah informasi yang salah, karena nabi tidak pernah minum bir dan alkohol, (tidak pernah) minum minuman keras," kata Anwar.

Karenanya, Anwar menyebut remaja itu telah berbohong. "Perbuatan bohong dan dusta itu sangat masuk dalam kategori akhlak-akhlak yang tercela. Seorang muslim itu harus menjauhi akhlak-akhlak yang tercela," tutur Anwar.

Anwar mendukung aksi pihak kepolisian menangkap pelaku. Dia menilai remaja tersebut perlu diinterograsi apakah ada unsur kesengajaan.

"Nanti dilihat apa dia merasa tidak bersalah atau bagaimana kalau seandainya dia merasa tidak bersalah, kita proses secara hukum saja, tapi seandainya dia nggak tahu benar-benar, nggak tahu ya barangkali dikasih peringatan oleh pihak kepolisian," tuturnya.

Remaja yang ditangkap di kawasan Kalijudan, Surabaya, itu memelesetkan lagu Aisyah Istri Rasulullah dengan menyebut Aisyah dan Rasulullah pernah minum anggur merah. Video itu viral dan disesalkan banyak netizen.

"Manisnya cintamu dengan nabi, dengan baginda kau pernah minum anggur merah," berikut lirik yang dinyanyikan remaja itu seperti dalam video viral yang dilihat detikcom.

Tonton juga video Ricuh Postingan Hina Nabi Muhammad, Polisi Tembak Mati 4 Orang:

(isa/zak)