Sidang Suap Eks Komisioner KPU

Hasto Ngaku Tegur Kader PDIP Saeful karena Minta Uang ke Harun Masiku

Ibnu Hariyanto, Zunita Putri - detikNews
Kamis, 16 Apr 2020 19:18 WIB
Hasto Kristiyanto
Foto: Hasto Kristiyanto (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Jaksa KPK mencecar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengenai pengetahuannya perihal perkara suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR yang menjerat kader PDIP Saeful Bahri dan Harun Masiku. Hasto mengaku sempat memberi teguran kepada Saeful Bahri karena meminta uang ke Harun Masiku.

Hal itu disampaikan Hasto ketika menjadi saksi di sidang kasus dugaan suap PAW anggota DPR RI di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (16/4/2020). Dalam sidang ini, Saeful Bahri duduk sebagai terdakwa.

Jaksa awalnya bertanya ke Hasto soal dana yang disiapkan Harun Masiku dan Saeful Bahri untuk menyuap eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Hasto mengaku sempat mendengar perihal itu dan langsung memberi peringatan kepada Saeful.

"Apakah pernah mengetahui Pak Harun Masiku menyiapkan dana operasional untuk mengurus biaya operasional di KPU?" tanya jaksa ke Hasto.

"Tidak mengetahui hal itu tapi dalam satu kesempatan saya pernah dengar terdakwa meminta dana kepada Harun Masiku, kemudian saya klarifikasi dan memberikan teguran terkait hal tersebut," jawab Hasto.

Selanjutnya
Halaman
1 2