Pemerintah: 1.125 Hoax soal Corona Terdeteksi, Jangan Tambah Beban Psikologis

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 16 Apr 2020 16:49 WIB
Jubir Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto
Achmad Yurianto (Foto: dok. BNPB)
Jakarta -

Pemerintah menyebut masih ada berita hoax yang menyebar terkait virus Corona (COVID-19). Lebih dari 1.125 berita hoax ditemukan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Kementerian Informasi sudah mendeteksi lebih dari 1.125 berita hoax atau informasi yang tidak benar, di berbagai media di internet," ujar juru bicara pemerintah terkait penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers di BNPB, Kamis (16/4/2020).

Yuri mengatakan, terkait hoax ini akan ditangani pihak kepolisian. Yuri meminta masyarakat mencari informasi terkait COVID-19 melalui situs resmi yang disediakan pemerintah.

"Semua ini akan ditangani secara tegas oleh aparat Kepolisian, oleh karena itu tetap akses tetap ikuti informasi yang benar dan resmi dari pemerintah," tuturnya.

Yuri mengatakan saat ini tantangan dalam segi kesehatan dan kehidupan ekonomi cukup berat. Jadi, menurutnya, tidak perlu ditambah beban psikologis dari berita hoax.

"Tantangan risiko kesehatan dan kehidupan ekonomi sudah berat," kata Yuri.

"Mari kita pastikan tidak perlu kita tambah lagi dengan beban psikologis dari berita-berita atau informasi yang tidak benar, yang justru nanti akan menyebabkan kita semakin susah," sambungnya.

Pandemi Corona, Sanksi Hukum Intai Pembuat dan Penyebar Hoax:

(dwia/dhn)