Panen Padi di Tengah Corona, Petani di Sultra Terapkan Imbauan Cuci Tangan

Sitti Harlina - detikNews
Kamis, 16 Apr 2020 11:30 WIB
Petani padi di Kolaka Sultra melakukan panen dengan menerapkan imbauan cuci tangan untuk menghindari penularan virus Corona
Petani di Kolaka Sultra panen padi (dok. Istimewa)
Kolaka -

Sejumlah desa dan kelurahan di Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), tetap melakukan panen padi, meskipun di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Dinas Tanaman Pangan dan Hotikulutura Kabupaten Kolaka Popalayah menjelaskan panen yang dilakukan hari itu merupakan panen pertama di tahun 2020.

Popalayah menyebut petani tetap melakukan panen dengan memperhatikan imbauan dari pemerintah, terutama untuk selalu mencuci tangan.

"Hasilnya, dengan menggunakan jenis bibit padi Impari 8 dan Impari 32, para petani di daerah itu mampu menghasilkan gabah padi berkisar 5 sampai 6 ton gabah kering panen per hektarenya dan jika dibandingkan panen sebelumnya, maka produksinya stabil," terangnya, Kamis (16/4/2020).

Dikatakannya, panen kali ini tidak serentak dilakukan seperti biasa. Sebab, jenis bibit yang digunakan antar-desa dan kelurahan berbeda tapi dalam satu hamparan tetap menggunakan bibit yang sama.

Simak juga video Cegah Penularan Corona, Polisi Bagikan Masker ke Petani dan Pemulung di Polman:

Selanjutnya
Halaman
1 2