F-Nasdem DPR Dukung RUU Ciptaker untuk Hadapi Krisis Global Akibat Corona

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 16 Apr 2020 02:49 WIB
Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Ali
Foto: Ahmad M. Ali (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI, Ahmad Ali menyebut omnibus law ciptaker bisa menjadi jawaban untuk menghadapi krisi global. Dia menyebut omnibus law ciptaker ini justru bisa menyehatkan iklim investasi di Indonesia pasca pandemi dan krisis global.

"Fraksi Partai NasDem memandang, dalam hal upaya merespon dampak-dampak yang akan timbul akibat krisis global, terutama pasca berakhirnya pandemi Covid-19 nanti, RUU Ciptaker kiranya bisa menjadi jawaban," kata Ali dalam keterangannya, Rabu (15/4/2020).


Ali menyebut upaya tersebut bisa diraih dengan memfokuskan kemudahan perizinan investasi dalam omnibus law ciptaker tersebut. Selain itu, menurutnya menyehatkan iklim investasi juga harus diperhatikan.

"Syaratnya, tujuan menyehatkan iklim investasi dengan kemudahan perizinan yang ada dalam RUU Ciptaker harus menjadi fokus utama dalam pembahasan RUU tersebut," ucapnya.

Karena itu, menurutnya omnibus law ini menurutnya harus menjadi terobosan ekonomi nasional. Bukan justru, sebutnya, menjadi bahan perdebatan.

"Sesuai dengan semangat yang melatarinya, salah satu omnibus law ini haruslah menjadi sebuah terobosan dalam kehidupan ekonomi nasional kita, bukan malah sebaliknya, menjadi bahan perdebatan yang menguras energi anak bangsa dan mendapatkan penolakan dari berbagai pihak dan kalangan," ujar Ali.


Seperti diketahui, DPR telah membentuk panitia kerja (panja) untuk membahas RUU Cipta Kerja. Pembahasan RUU ini dilakukan menyusul telah diterimanya surat presiden (surpres) terkait salah satu omnibus law pada pertengahan Februari 2020.

(maa/maa)