Foto Pakai APD Disorot, Satgas COVID-19 DPR: Sumbangan Kami Lebih Banyak

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 15 Apr 2020 19:41 WIB
Pembangunan gedung baru untuk DPR RI menuai kritikan berbagai pihak walaupun Ketua DPR Setya Novanto menyebut Presiden Jokowi telah setuju pembangunan tersebut. Tetapi Presiden Jokowi belum teken Perpres tentang pembangunan Gedung DPR. Lamhot Aritonang/detikcom.
Gedung MPR/DPR (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Foto Satgas Lawan COVID-19 Anggota DPR memakai alat pelindung diri (APD) beredar di media sosial. Anggota Satgas Lawan COVID-19 DPR angkat bicara.

Foto itu beredar di Twitter yang diunggah oleh akun @Hanifah933, seperti dilihat detikcom, Rabu (15/4/2020). Foto itu diberi keterangan: 'Dear @DPR_RI Foto Selfie dgn memakai BAJU APD sementara PARAMEDIS diseluruh Nusantara BERJIBAKU KEKURANGAN APD ...'.

Koordinator Satgas Lawan COVID-19 Anggota DPR, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan APD itu digunakan untuk sekali pakai. Dia mempertanyakan mengapa satgas DPR memakai APD dipermasalahkan, sedangkan APD yang disumbangkan lebih banyak.

"Ramai gimana? Itu kan APD bukannya APD yang itu, itu kan APD yang jenis sekali pakai yang kita bikin jadi seragam satgas. Sementara kita nyumbang lebih banyak dari itu dan kualitasnya lebih bagus," kata Dasco saat dihubungi.

"Masa, kita pakai seragam satgas 15 saja terus dimasalahin? Kita yang nyumbang lebih banyak dan kualitas lebih bagus kok," ujarnya.

Deputi Hubungan Antar-Lembaga Satgas Lawan COVID-19 DPR Melki Laka Lena mengatakan pemakaian APD sesuai dengan prosedur. Melki mengatakan anggota satgas mengenakan APD untuk antisipasi penularan Corona.

"Sesuai prosedur dan protokol kesehatan, Satgas DPR RI yang kunjungi RS Darurat Wisma Atlet melihat kondisi lapangan harus memakai APD standar biasa untuk mencegah penularan," ucap Melki.

Di foto yang beredar itu, anggota satgas mengabadikan momen di gedung MPR/DPR. Melki mengatakan saat itu rombongan satgas ingin berangkat menuju RS Darurat Wisma Atlet.

"Dari DPR RI rombongan ke Wisma Atlet pakai bus DPR RI. Kita tidak mau repotkan Wisma Alet makanya pakai APD sendiri yang juga disumbangkan ke berbagai RS," imbuh Melki.

(rfs/idh)