Ikut Donasi Bantu Atasi COVID-19 dari Rumah dengan Cara Ini

Yudistira Imandiar - detikNews
Rabu, 15 Apr 2020 14:48 WIB
Donasi online
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Penanganan COVID-19 tidak cukup dengan mengandalkan kinerja pemerintah dan tenaga medis. Masyarakat juga dapat terlibat dalam upaya melawan pandemi dengan mengikuti arahan pemerintah untuk tinggal di rumah, serta berdonasi untuk biaya penanggulangan pandemi tersebut.

Tenaga medis dan relawan penanganan COVID-19 membutuhkan dukungan, seperti Alat Pelindung Diri (APD), masker, sarung tangan, dan sebagainya. Pengadaan barang-barang tersebut memerlukan biaya yang relatif besar. Donasi dari masyarakat akan membantu pemerintah dan pihak terkait dalam menyediakan peralatan pendukung kerja tenaga medis.

Selain untuk tenaga medis, bantuan materil juga dibutuhkan oleh kalangan yang terdampak pandemi COVID-19 dalam hal ekonomi. Pekerja lepas dan mereka yang mencari penghasilan harian merasakan tekanan finansial dalam kondisi saat ini.

Kondisi darurat melahirkan solidaritas yang tinggi antar masyarakat. Hal itu tergambar dari banyaknya orang yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan penggalangan donasi.

Martha Kristia Trinanda salah satunya. Ia menyisihkan sedikit pendapatannya untuk membantu penanganan COVID-19.

Ia mengatakan, dalam situasi seperti ini tidak banyak yang bisa dia lakukan untuk membantu penanganan pandemi ini selain mengikuti anjuran pemerintah untuk menjalankan physical distancing. Selain itu berdonasi menjadi salah satu jalan untuk ikut meringankan beban pihak yang terjun langsung dalam upaya penanggulangan COVID-19.

"Biar pandemi ini bisa cepat selesai, gue bingung apalagi yang bisa gue lakukan selain diam di rumah. Jadi volunteer nggak mungkin, yaudah nyumbang aja seadanya," kata Martha kepada detikcom, Selasa (14/4/2020).

Donasi ia berikan melalui lembaga penggalangan dana yang terpercaya. Martha mengatakan, penting juga dalam memilih tempat penyaluran donasi yang dapat menjalankan amanah dengan baik.

"Gue pilih lembaga yang memang sudah jelas latar belakangnya. Jadi gue percaya sumbangan akan disampaikan kepada yang membutuhkan," imbuh Martha.

Martha mengirimkan donasi melalui Debit BNI. Caranya, lanjut dia, ada berbagai lembaga penggalangan dana yang bekerja sama dengan platform e-commerce. Di e-commerce tersebut bisa dipilih pembayaran menggunakan metode auto debit dengan memasukkan nomor kartu Debit BNI.

"Jadi lebih mudah aja sih. Tinggal masukin nomor kartu, kalau mau bayar donasi tinggal pilih aja metode pembayarannya dengan debit," lanjut Martha.

Pembayaran dengan kartu debit akan mengambil saldo dari rekening BNI secara autodebet. Segala transaksi dengan auto debit dapat dipantau dari mutasi rekening, sehingga riwayat pembayaran tercatat dengan baik.

Sebagai informasi, kartu Debit BNI adalah alat pembayaran elektronik yang dapat berfungsi sebagai pengganti uang tunai karena terafiliasi dengan rekening BNI Taplus Nasabah. Nasabah dapat membuka rekening BNI Taplus tanpa kartu yang bisa digunakan untuk berbelanja online. #BNItuDigital

(prf/ega)