Kontak dengan Pasien Corona, 10 Tenaga Medis-CS RS Sawahlunto Dikarantina

Jeka Kampai - detikNews
Rabu, 15 Apr 2020 14:46 WIB
ilustrasi corona
Foto ilustrasi Corona
Padang -

Tenaga medis hingga petugas cleaning service di RSUD Sawahlunto, Sumatera Barat, dikarantina. Mereka dikarantina usai terlibat kontak dengan pasien corona.

Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta, mengatakan ada 10 orang yang harus menjalani karantina. Mereka terdiri dari dokter, perawat, hingga petugas kebersihan yang sedang bertugas saat menangani pasien.

"Iya. Ada 10 orang. Kita kirim ke tempat karantina di Badan Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) milik ESDM yang ada di Sawahlunto," kata Deri Asta, Rabu (15/4/2020).

Kesepuluh orang itu diduga terlibat kontak dengan salah satu pasien Corona yang sempat datang ke RS tersebut pada Selasa (14/4). Pasien itu kemudian dinyatakan positif berdasarkan rapid test.

Pasien itu sudah dirujuk ke Rumah Sakit Ahmad Mukhtar (RSAM) Bukittinggi. Dia bakal menjalani perawatan di RS tersebut.

Deri mengatakan masa karantina terhadap tenaga medis dan karyawan RSUD Sawahlunto tergantung hasil uji swab terhadap pasien. Jika negatif, tenaga medis dan karyawan RS yang dikarantina bisa dipulangkan.

Hingga Selasa (14/4), terdapat 48 orang pasien positif Corona di Sumbar. Sebanyak 16 orang dalam perawatan intensif, 21 orang isolasi di rumah, 7 orang telah sembuh, dan 4 orang meninggal dunia.

(haf/haf)