Pasien Positif Corona di Pinrang Pernah ke RS Lasinrang, Dokter-Perawat Dites

Hasrul Nawir - detikNews
Selasa, 14 Apr 2020 15:46 WIB
ilustrasi corona
Foto ilustrasi Corona
Pinrang -

Perempuan umur 70 tahun yang merupakan salah satu pasien positif COVID-19 di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, kini menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Pasien itu ternyata pernah berobat di RSUD Lasinrang.

"Sesuai riwayat yang kita kantongi, yang bersangkutan memang pernah menjalani perawatan medis di tempat kami pada tanggal 21 Maret lalu," kata Direktur RSUD Lasinrang dr H Moh Inwan Ahsan saat dimintai konfirmasi, Selasa (14/4/2020).

Saat itu, yang bersangkutan dirawat hanya berkisar 4 jam. "Masuk di ruang IGD dan setelah itu dirawat di ruangan Flamboyan," tambahnya.

Koordinator Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Pinrang Dyah Puspita Dewi mengaku telah melakukan tracking terhadap dokter maupun perawat yang sempat kontak fisik dengan pasien. Tes swab juga telah dilakukan.

"Sudah kita tracking, baru mau dikirim ke Makassar (swab tenggorokan), tunggu satu minggu (hasilnya) karena biasanya menunggu antrian se-Indonesia timur," kata Kadis Kesehatan Kabupaten Pinrang tersebut.

Pasien berinisial NJ itu menjalani isolasi mandiri sejak 4 April. Dia sempat diprotes warga karena diduga masih berkeliaran meskipun tengah melakukan isolasi mandiri.

Polisi pun akhirnya turun tangan. Aparat keamanan meminta NJ dan keluarganya disiplin mematuhi prosedur untuk isolasi mandiri.

"Kita sudah memberikan ultimatum kepada pasien dan keluarga agar mematuhi protap isolasi mandiri. Jika melanggar, yang bersangkutan akan kami amankan," kata Wakapolres Pinrang Kompol Andi Jamaluddin kepada wartawan, Minggu (12/4).

Update Global: Pasien Virus Corona Nyaris Tembus 2 Juta di Dunia:

(idh/idh)