Alihkan untuk Tangani Corona, Kejagung Potong Anggaran Rp 1 T

Yulida Medistiara - detikNews
Senin, 13 Apr 2020 20:54 WIB
gedung kejagung
Gedung Kejagung RI (Dok. detikcom)
Jakarta -

Kejaksaan Agung (Kejagung) merealokasi anggaran Rp 1,041 triliun untuk menangani virus Corona (COVID-19). Anggaran paling besar dipotong dari kegiatan belanja sarana dan prasarana atau proyek fisik sebesar Rp 871 miliar.

"Kejaksaan RI telah melakukan perubahan postur anggaran dengan melakukan pemotongan sebesar kurang lebih Rp 1,041 Triliun atau sekitar 12% dari anggaran sebelumnya sebesar Rp 7 triliun," kata Kapuspenkum Kejagung, Hari Setiyono, dalam keterangan tertulis, Senin (13/4/2020).

"Sebagai contoh perubahan postur anggaran dan rincian Kejaksaan RI yang relative besar adalah kegiatan belanja sarana dan prasarana atau proyek fisik yang dipotong total sebesar Rp 871 miliar dari satuan kerja Kejaksaan RI seluruh Indonesia dan digunakan sepenuhnya untuk kepentingan covid 19," imbuhnya.

Hal itu dilakukan untuk menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocusing Kegiatan, Realokasi Anggaran, Serta Pengadaan Barang dan Jasa Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan Perpres No 54 Tahun 2020 tentang Perubahan Postur dan Rincian APBN 2020. Kejaksaan RI telah melakukan perubahan postur anggaran dengan melakukan pemotongan terhadap 8 item kegiatan.

Di antaranya kegiatan belanja sarana dan prasarana, kegiatan program dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas lainnya. Anggaran juga dipotong dari kegiatan program pengawasan dan peningkatan akuntabilitas aparatur Kejaksaan RI, kegiatan program pendidikan dan pelatihan, kegiatan program Lid, Pam, dan Gal dalam bidang Ipoleksosbud dan Hankam.

Selanjutnya
Halaman
1 2