Viral Kisah Wahyudi, Menerjang Arus Bersihkan Sampah dari Sungai di Medan

Datuk Haris Molana - detikNews
Senin, 13 Apr 2020 15:13 WIB
Wahyudi saat mengangkut sampah di sungai (dok. Istimewa)
Foto: Wahyudi saat mengangkut sampah di sungai (dok. Istimewa)
Medan -

Membersihkan sungai di Medan dari sampah yang dibuang orang-orang tak bertanggung jawab bukan cuma tugas pemerintah. Setidaknya hal itulah yang tergambar dari aksi Wahyudi yang rela nyebur ke air keruh dan menerjang arus demi membersihkan sampah di sungai.

Aksi nekat Wahyudi nyebur dan berenang di tengah arus sungai demi mengangkut sampah itu viral di media sosial. Ternyata, Wahyudi merupakan salah satu relawan di komunitas peduli sungai di Medan.

"Iya benar. Itu (Wahyudi) salah seorang relawan yang membersihkan Sungai Deli," kata Ketua Umum Yayasan Kopasude (Komunitas Peduli Anak dan Sungai Deli), Agung Rizky Prayogi, saat ditanya soal foto Wahyudi yang viral, Senin (13/4/2020).

Dalam foto viral itu, Wahyudi terlihat hanya menggunakan kaus hijau tanpa ada alat bantu lainnya. Dia mengambil sampah yang nyangkut di tengah sungai dan mengangkutnya ke daratan dengan dus bekas.

Agung sendiri tak menyebut detail kapan foto Wahyudi nyebur ke sungai itu diambil. Dia mengatakan kegiatan membersihkan sungai memang rutin dilakukan oleh komunitasnya setiap dua pekan.

"Tergantung kalau sampah itu tidak bisa dikutip di atas perahu, iya kita harus turun untuk ngambil sampah yang menumpuk," ujar Agung.

Selanjutnya
Halaman
1 2