Kasus Investasi Bodong Rp 1,3 T, Eks Direktur Ini Divonis 5 Tahun Bui

Andi Saputra - detikNews
Senin, 13 Apr 2020 15:08 WIB
Palu Hakim. Ari Saputra. Ilustrasi
Ilustrasi palu sidang. (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Mantan Direktur Operasional PT Exist Assetindo, Rachmansyah Nasution dihukum 5 tahun penjara karena menipu dan mencuci uang. Rachmansyah dilaporkan para nasabah karena terkait investasi bodong mencapai angka Rp 1,3 triliun.

PT Exist Assetindo berdiri sejak 2008 dan melakukan bisnis investasi dengan dalih digunakan untuk pembangunan properti. Setiap nasabah yang menanamkan uangnya lalu diberikan produk surat berharga Promissory Note.

Lima tahun berjalan, PT Exist Assetindo diminati banyak orang. Mereka menanamkan investasi dari Rp 100 juta hingga puluhan miliar rupiah.



Sengkarut mulai muncul pada 2013. PT Exist Assetindo tidak bisa memberikan bagi hasil investasi kepada nasabah yang mencapai 800-an orang.

Akhirnya pada Maret 2014, sejumlah nasabah melaporkan PT Exist Assetindo ke Mabes Polri. Juru bicara nasabah Antonius Cristian Gunawan, menuding menuding perusahaan menilap Rp 1,3 trilun dana 800 orang nasabah.

Selidik punya selidik, PT Exist Assetindo tidak punya izin dari OJK dan Bappepam. Bagaimana dengan Prommisory Note? Ternyata juga tidak ada persetujuan dari Bank Indonesia.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2