MUI: Silaturahmi Bisa Dilakukan Online Tanpa Harus Ketemu Fisik

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Senin, 13 Apr 2020 11:57 WIB
Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam
Foto Asrorun Ni'am: dok.BNPB
Jakarta -

Silaturahmi kepada sanak saudara saat mudik lebaran memang telah menjadi budaya di Indonesia khususnya. Namun, silaturahmi dengan cara mudik ke kampung halaman tidaklah dianjurkan di tengah situasi seperti sekarang di mana Corona (COVID-19) mewabah.

Karena itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) berharap masyarakat tetap bisa menjalin silaturahmi erat dengan cara online di tengah situasi ini. Menurut MUI, silaturahmi paling cocok di saat pandemi Corona paling cocok melalui

"Menyemarakkan bulan Ramadhan dengan berbagai aktivitas ibadah, di akhir ada aktivitas yang menjadi budaya berbalut norma keagamaan yaitu mudik Ramadhan. Tapi ada satu hal yang perlu kita ingat dan juga kita sadari bersama. Hari ini, pemerintah telah menetapkan Jabodetabek sebagai kawasan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), masuk kategori zona penularan tingkat tinggi," kata Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Asrorun Ni'am Sholeh, melalui siaran langsung dari kanal YouTube BNPB, Senin (13/4/2020).

"Silaturahmi memang sangat dianjurkan. Dengan memanfaatkan teknologi silaturahmi bisa tetap erat, silaturahim bisa dilakukan online, tanpa harus ketemu secara fisik," imbuhnya.

MUI Bagikan Kiat Ramadan #DiRumahAja: