DKI Jakarta Bangun Laboratorium Kontainer, Terkendala di Mesin PCR

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Senin, 13 Apr 2020 10:07 WIB
Petugas ber-APD melakukan uji PCR Corona di lab UGM
Ilustrasi, tidak berhubungan dengan berita: Petugas ber-APD melakukan uji PCR Corona di lab UGM (dok. Humas UGM)
Jakarta -

Dinas Kesehatan DKI Jakarta membangun laboratorium dari kontainer guna mempercepat pemeriksaan virus Corona. Laboratorium kontainer ini ditempatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan laboratorium kontainer tersebut memiliki standar keamanan dengan biosafety level (BSL)-2 Plus. Laboratorium ini selesai dibangun pada 28 Maret lalu dan mulai dioperasikan pada 7 April.

Sayangnya, laboratorium yang rencananya beroperasi 24 jam ini belum bisa berfungsi secara optimal sesuai harapan untuk mempercepat deteksi virus Corona. Mesin reaksi rantai polimerase atau polymerase chain reaction (PCR) yang telah dipesan untuk melengkapi kinerja laboratorium tertunda kedatangannya.

"Ternyata kecepatan untuk mendatangkan PCR Kit dan reagen tidak seperti diharapkan. Yang kami pesan semua inden. Tidak bisa dengan cepat kami dapatkan," ujar Widyastuti dalam sebuah diskusi virtual pada Minggu (12/4/2020).

Sejauh ini, menurut Widyastuti, laboratorium yang dibangun bekerja sama dengan salah satu badan usaha milik daerah (BUMD) itu hanya bisa digunakan sampai proses ekstraksi RNA pada materi genetik virus. "Pemeriksaan selanjutnya yakni PCR, kami titipkan ke laboratorium mitra," ujarnya.

Minta Tes PCR Diperluas, Jokowi Targetkan Bisa Tes 10.000/Hari:

Selanjutnya
Halaman
1 2