Jokowi soal Penanganan Corona: Kita Punya 'RS Tanpa Dinding', Sampaikan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 13 Apr 2020 10:01 WIB
Presiden Jokowi
Jokowi (Muchlis Jr/Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Indonesia punya 'rumah sakit tanpa dinding' dalam menangani kasus virus Corona. Jokowi menyebut 'RS tanpa dinding' inilah yang membedakan Indonesia dengan negara lain.

"Saya juga sangat menghargai, ini yang belum banyak diungkap, bahwa kita memiliki rumah sakit tanpa dinding, telemedicine. Ini akan sangat bagus kalau ini bisa disampaikan," ucap Jokowi dalam konferensi pers yang ditayangkan Sekretariat Presiden, Senin (13/4/2020).

"Ini saya kira bedanya kita dengan negara lain," imbuh Jokowi.

Dengan layanan 'RS tanpa dinding' ini, Jokowi menyebut tak semua orang harus ke rumah sakit jika ingin mengecek kondisi apakah tertular Corona atau tidak. Para calon pasien bisa berkonsultasi via telemedicine.

"Tidak semua orang harus ke dokter atau ke rumah sakit atau ke puskesmas, tapi bisa lewat telemedicine sehingga mengurangi risiko ada tenaga medis," ucap Jokowi.

Jokowi mendapat laporan saat ini beberapa perusahaan aplikasi teknologi telah bekerja sama dengan Kemenkes untuk meningkatkan telemedicine ini.

"Dari yang sebelumnya hanya 4 juta, sekarang sudah mencapai lebih dari 15 juta orang menggunakan aplikasi ini," tutur Jokowi.

Tangani Pasien COVID-19, RS Pertamina Jaya Gunakan Robot Perawat:

(gbr/fjp)