Round-Up

Fakta-fakta Pertikaian TNI Vs Polri di Papua yang Merenggut 3 Nyawa

Tim detikcom - detikNews
Senin, 13 Apr 2020 06:07 WIB
Markas Polda Papua
Foto: Ilustrasi Markas Polda Papua (Rolando/detikcom)

Anggota TNI yang Terlibat Ditindak Tegas

Komandan Resor Militer 172/PWY, Kolonel Inf J Binsar Parluhutan Sianipar bersama petinggi dari TNI-Polri akan menuju Mamberamo Raya, Papua. Keberangkatan itu untuk melihat secara langsung kondisi TKP setelah insiden pertikaian yang sebabkan tiga polisi tewas.

"Hari ini saya bersama, Danpomdam, Dirintelkam, dan Kabidpropam Polda beserta tim akan cek langsung ke lapangan, apa sebenarnya kejadian yang terjadi, sehingga menyebabkan pertikaian tersebut," ujar Kolonel Binsar, Minggu (12/4/2020).

Penyelidikan dilakukan bersama tim gabungan TNI-Polri. Jika terbukti bersalah, anggota Satgas Pamrahwan Yonif 755/20/3-Kostrad akan ditindak tegas sesuai hukum.

"Tentunya akan menindak tegas sesuai hukum, jika personel terbukti bersalah," ujarnya.

Binsar sudah memerintahkan semua anggota TNI di Mamberamo Raya untuk standby di pos masing-masing. "Saya perintahkan untuk seluruh anggota tetap di Pos standby tidak boleh kemana-mana," ujarnya.

Hal serupa juga dilakukan Pihak Polda Papua, Kabid Humas Polda Papua Kombes Achmad Mustofa Kamal mengatakan telah memerintahkan semua anggota Polri di Mamberamo Raya agar tetap di Markas.

"Perintah Kapolda, semua tenang dan tetap di pos masing-masing, tunggu hingga tim dari Jayapura datang," jelas Kamal.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6 7