Pemerintah Bodebek Rapat Bersama Ridwan Kamil Bahas Pelaksanaan PSBB Siang Ini

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 12 Apr 2020 13:46 WIB
Bupati Bogor Ade Yasin.
Bupati Bogor Ade Yasin. (Sachril/detikcom)
Jakarta -

Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi telah disetujui Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Pemerintah setempat siang ini menggelar rapat bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membahas pelaksanaan PSBB.

"Hari ini jam 13.00 WIB akan rapat video conference dengan gubernur (Jawa Barat). Pelaksanaan PSBB di 5 wilayah ini, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Depok harus bersama-sama dan terintegrasi melaksanakannya, jangan jalan sendiri-sendiri," kata Bupati Bogor Ade Yasin ketika dihubungi, Minggu (12/4/2020).

Adapun wilayah yang akan diterapkan PSBB adalah Kab Bogor, Kota Bogor, Kab Bekasi, Kota Bekasi, dan Kota Depok. Sebelumnya, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan Pemerintah Kota Bogor telah menyiapkan peraturan wali kota untuk teknik implementasi.

"Saat ini masih proses menyiapkan Perwali dan SK Wali Kota untuk teknis implementasi dan SK Daftar Penerima Jaring Pengaman Sosial Kota Bogor," kata Dedie.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut PSBB di Bodebek kemungkinan berlangsung mulai Rabu atau Kamis mendatang. Hal itu diungkapkan gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini di akun Instagram-nya. Dalam unggahannya, Kang Emil mengunggah dua gambar berupa keputusan dari Kementerian Kesehatan terkait PSBB Bodebek.

"BEWARA. PSBB BODEBEK sudah disetujui Menteri Kesehatan. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kab Bogor, Kota Bogor, Kab Bekasi, Kota Bekasi, dan Kota Depok akan segera dilaksanakan secepatnya," tulis Emil seperti yang dilihat detikcom pada Minggu (12/4).

Menurut Emil, pihaknya tengah mempersiapkan pemberlakuan PSBB di Bodebek. Hari ini, kata Emil, para kepala daerah di Bodebek akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan gubernur dan tim gugus tugas COVID-19 Jawa Barat.

"Besok Senin dan Selasa adalah persiapan dan sosialisasi kepada masyarakat terdampak. Kemungkinan Rabu atau Kamis penerapan PSBB akan dimulai," tuturnya.

(eva/eva)