Mbah Rono Yakin Suara Dentuman dari Anak Krakatau, PVMBG: Tak Apa Berteori

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Minggu, 12 Apr 2020 08:17 WIB
Letusan Gunung Anak Krakatau, Jumat (10/4)
Foto: dok. PVMBG
Jakarta -

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) angkat bicara soal keyakinan ahli vulkanologi Surono (Mbah Rono) bahwa suara dentuman di Lampung Selatan, Jakarta, hingga Depok berasal dari erupsi Gunung Anak Krakatau. PVMBG mengungkapkan setiap orang bisa saja berteori soal asal suara dentuman itu.

"Sebetulnya setiap orang tidak apa berteori/berpendapat, hanya dari data dari petugas pos Anak Krakatau, masyarakat Lampung dan Banten serta LAPAN memang tidak mendengar/mendeteksi," kata Kepala Bidang Gunung Api PVMBG Hendra Gunawan, saat dihubungi detikcom, Sabtu (11/4/2020) malam.

"Adapun masyarakat yang tinggal pada jarak 15 Km dari gunung mendengar tapi tidak terlalu besar pada pukul 23-an, tapi begitu pada jarak 40 dan 50-an Km suara tidak ada yang melaporkan. Disamping itu memang letusan yang diobservasi adalah letusan kecil (tipe strombolian)," imbuhnya.

Menurut Hendra, hendaknya teori itu didukung oleh data empiris. Agar dapat terjawab secara saintifik.

"Betul, beserta dengan keterangan pendukungnya masing-masing (ada atau tidak). Itu lebih bagus, ini sebagai contoh berdasarkan teori," ujar Hendra.

Selanjutnya
Halaman
1 2