Soal Dentuman Dini Hari, LAPAN: Bukan Meteor, Bukan Petir

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 11 Apr 2020 18:11 WIB
Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin. Grandyos Zafna/detikcom.
Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Warga Jakarta hingga Bogor menjadi saksi dentuman misterius, namun belum ada yang memberi jawaban pasti terkait sumber dentuman dini hari tadi. Lembaga Penerbangan dan Antarika Nasional (LAPAN) menyatakan dentuman itu bukan berasal dari meteor.

"Tidak ada sumber dentuman dari langit atau dari meteor," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, kepada detikcom, Sabtu (11/4/2020).

Dia menjelaskan suara meteor tak akan menghasilkan dentuman seperti dini hari tadi. Meteor akan menghasilkan suara tertentu dan menggetarkan kaca-kaca bangunan.

"Lagi pula kalau itu meteor, mungkin ada saksi yg melihat benda bercahaya yang melintas," kata profesor bidang astronomi dan astrofisika ini.

Bila ada meteor besar, maka akan timbul gelombang kejut yang mampu menggetarkan kaca-kaca rumah. Itu tidak ada pada dini hari tadi. Lalu, apakah suara itu berasal dari petir?

"Ada yang menduga itu suara petir, tetapi data liputan awan yang dipantau LAPAN semalam tidak ada awan yang potensial menimbulkan petir di wilayah Jabodetabek," tutur Thomas.

(dnu/jbr)