Jelang Ramadan, Pemkot Banda Aceh Gelar Pasar Murah Online

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Sabtu, 11 Apr 2020 18:04 WIB
Pemkot Banda Aceh
Foto: Dok. Pemkot Banda Aceh
Jakarta -

Di tengah Pandemi COVID-19, Pemerintah Kota Banda Aceh menggelar pasar murah online dalam rangka menyediakan kebutuhan barang pokok untuk masyarakat kota jelang bulan suci Ramadan.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengatakan, pasar murah digelar dengan sistem online untuk menghindari kerumunan massa sebagai upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran virus COVID-19.

"Dengan sistem ini, masyarakat tidak perlu berdesak-desakan ke pasar murah. Cukup mendaftar lewat link bit.ly/sembako_murahbna untuk mendapatkan kupon, mendapatkan sembako dengan harga murah," ungkap Aminullah dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/4/2020).

Dia menuturkan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan sembako di pasar murah, pendaftaran mulai dibuka 10 April sampai dengan 13 April.

"Setelah mendaftar, kemudian mendapatkan kupon untuk pengambilan sembako di tempat-tempat yang telah kita tunjuk. Untuk pengambilan kupon waktu disediakan mulai 13 April sampai dengan 16 April," ungkapnya.

Untuk tempat pengambilan kupon, Pemkot telah bekerja sama dengan sejumlah swalayan di Banda Aceh, yakni Lamnyong Swalayan Jalan T Nyak Arief Lamgugob, Lamglumpang Swalayan Jalan T Iskandar Gampong Lamglumpang dan Lhong Raya Swalayan yang terletak di Jalan Gampong Lhong Cut Kecamatan Banda Raya.

"Seluruhnya ada 2.800 kupon subsidi yang kita sediakan. Masyarakat dapat membeli paket sembako seharga Rp 150 ribu hanya dengan Rp 100 ribu kalau sudah memiliki kupon tersebut karena sudah kita subsidi," jelasnya.

Sementara itu, Kadis Kop UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh M Nurdin menambahkan paket sembako yang bakal dijual untuk warga kota terdiri dari gula pasir 4 kg, minyak goreng 2 liter dan telur ayam 30 butir.

Warga yang telah mendaftar dan mendapatkan kupon bisa mendatangi tiga swalayan yang telah ditunjuk untuk menebus paket sembako tersebut.

"Kebijakan ini kita lakukan sesuai arahan Wali Kota, dimana Pak Wali menginginkan warga kota tetap mendapatkan sembako murah untuk kebutuhan sambut ramadhan tapi tidak perlu berkumpul massa. Karena dengan sistem online ini masyarakat bisa menebus paket sembako tersebut di swalayan-swalayan yang telah dilakukan kerjasama," pungkasnya.

(prf/ega)