AirNav Nyatakan Penerbangan Normal saat Momen Dentuman Dini Hari Tadi

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 11 Apr 2020 17:42 WIB
Jelang Mudik, Dirut AirNav Cek Kesiapan Navigasi di Makassar
Foto ilustrasi: Aktivitas AirNav (Muhammad Abdurrahman/detikcom)
Jakarta -

Dentuman yang terdengar di Jakarta hingga Bogor dini hari tadi masih menyisakan tanda tanya. Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (AirNav) Indonesia menyatakan penerbangan dini hari tadi normal.

"Penerbangan normal dini hari tadi, tidak ada hububungannya dentuman dengan aktivitas penerbangan," kata Manager Humas AirNav Indonesia, Yohanes Sirait, kepada detikcom, Sabtu (11/4/2020).

Dia menjelaskan tak ada anomali yang terdeteksi di angkasa oleh AirNav pada dini hari tadi. "Aktivitas semuanya normal," kata Yohanes.

Terpantau dari Flightradar 24, hanya ada satu pesawat yang menjauh dari arah Jakarta ke arah lautan utara Karawang Jawa Barat, mulai 10 April 2020 pukul 19.00 UTC atau 11 April pukul 02.00 WIB tadi.

Sebelumnya, TNI AU memastikan tak ada pesawat tempur yang beroperasi pada dini hari tadi. Semua pesawat tempur berada di pangkalan masing-masing.

"Tidak ada pesawat tempur TNI AU yang beroperasi di Jakarta saat ini. Semuanya berada di pangkalan mereka masing-masing," kata Kasubdispenum Dispenau Kolonel Sus Muhammad Yuris saat dimintai konfirmasi.

(dnu/jbr)