Warga Parepare Sulsel Juga Ngaku Dengar Dentuman Tadi Subuh

Hasrul Nawir - detikNews
Sabtu, 11 Apr 2020 12:56 WIB
Langit biru di kawasan Cipete, Mampang, Jakarta Selatan, pukul 15.30 WIB (Rahel/detikcom)
Ilustrasi langit. Foto tidak berkaitan dengan berita. (Rahel/detikcom)
Parepare -

Suara dentuman sempat terdengar di Jakarta dan Bogor dini hari tadi. Dentuman ini juga didengar salah seorang warga di Parepare, Sulawesi Selatan.

Warga bernama Azhar Zul Firqan mem-posting kejadian tersebut di akun Facebook miliknya. Azhar mengaku dentuman terdengar pukul 04.00 Wita.

"Pukul 04.00 suara dentuman, entah apa ini," ujar Azhar, Sabtu (11/4/2020).



Saat dimintai konfirmasi, Azhar mengatakan dentuman terdengar aneh. Azhar juga mengaku sempat terasa getaran akibat dentuman.

"Suara dentumannya aneh. Getarannya terasa sekali," ujar Azhar.



Mengenai fenomena dini hari tadi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan suara dentuman yang terdengar di Jakarta hingga Bogor bukan berasal dari aktivitas gempa tektonik. BMKG mencatat ada aktivitas gempa kecil di Selat Sunda saat erupsi Gunung Anak Krakatau terjadi malam tadi.

"Terkait suara dentuman yang beberapa kali terdengar dan membuat resah masyarakat Jabodetabek, sejak tadi malam hingga pagi hari ini pukul 06.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan tidak terjadi aktivitas gempa tektonik yang kekuatannya signifikan di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Provinsi Banten," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangannya, Sabtu (11/4).

Detik-detik Suara Dentuman Terjadi di Depok:

(dkp/dkp)