Cerita Korban Tertipu Akun Instagram Modus Jual Masker, Uang Belasan Juta Raib

M Ilman Nafian - detikNews
Jumat, 10 Apr 2020 17:14 WIB
Polisi Tangkap Pelaku Penipuan Modus Jual Masker di Instagram
Foto: Polisi Tangkap Pelaku Penipuan Modus Jual Masker di Instagram/Dok: Istimewa

Caren akhirnya mengirimkan uang Rp 14.640.000 untuk pembelian 56 kotak masker bedah pada Minggu (22/3). Pelaku kemudian menjanjikan masker akan tiba satu pekan kemudian yakni Minggu (29/3).

"Lalu sampai hari Minggu malam nggak ada kabar, akhirnya dia menghubungi saya dan bilang maskernya gak ada. Dan pelaku berjanji mau mengembalikan uang namun sampai hari ini tidak ada uang yang masuk ke rekening saya," katanya.

Caren pun akhirnya melaporkan pelaku ke polisi pada Selasa (31/3). Ketika dihubungi Caren, pelaku sempat berkelit dan mengaku sudah ditahan di salah satu Polsek di Bandung, Jawa Barat.

"Dan pelaku mengaku ditahan di Polsek di Bandung, tapi kenyataannya tidak ditahan di Polsek, itu saja," katanya.

Caren mengaku, 56 boks yang dipesannya itu rencananya akan digunakan untuk pemakaian pribadi. "Untuk dipake. Jadi ada teman saya pesan, dia untuk di perusahaan omnya," katanya.

Sebelumnya, Polres Metro Utara mengungkap kasus penipuan dengan modus menjual masker melalui Instagram ini dengan pelaku AR. Pelaku ditangkap di Bandung pada Kamis (9/4). selain Caren dan temannya, polisi juga mencatat ada beberapa korban lain.

Akibat perbuatannya, pelaku terancam Pasal 378 dan atau 372 KUHP Pidana tentang penipuan dan atau penggelapan. Ancaman hukuman dalam pasal tersebut penjara maksimal 8 tahun.


(knv/knv)