Polisi Tangkap Pelaku Penipuan Modus Jual Masker di Instagram

M Ilman Nafi'an - detikNews
Jumat, 10 Apr 2020 16:36 WIB
Polisi Tangkap Pelaku Penipuan Modus Jual Masker di Instagram
Polisi Tangkap Pelaku Penipuan Modus Jual Masker di Instagram (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Satreskrim Polres Metro Jakarta Utara menangkap seorang pelaku berinisial AR (22). Pelaku ditangkap karena telah melakukan penipuan dengan modus menjual masker di akun Instagram-nya, @_andrmdhn.

"Tersangka AR ini menawarkan jasa bisa menjual ataupun mengadakan masker medical yang saat ini memang sangat dibutuhkan, khususnya oleh tenaga medis di akun Instagram tersangka," ujar Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto di kantornya saat menggelar acara konferensi pers, Jumat (10/4/2020).

Budhi menjelaskan, pelaku memasang gambar masker medis di Instagram-nya dengan harga Rp 280 ribu. Menurut Budhi, harga masker tersebut saat ini sudah mencapai Rp 350-Rp 400 ribu.

"Dari situ tersangka menawarkan bahwa satu boks harga yang ditawarkan tersangka adalah Rp 280 ribu untuk satu boks isi 50 untuk masker medical," ucapnya.

Karena dianggap lebih murah, korban berinisial CK, IF, HT, dan HS patungan untuk membeli masker. Salah satu korban, CK, kemudian menghubungi pelaku dan menyampaikan ingin memesan 56 boks masker.

Budhi mengatakan, kepada korban, pelaku menjelaskan pemesan masker dilakukan secara pre-order (PO) dengan mengirimkan uang terlebih dahulu. Korban kemudian percaya dan mengirimkan uang karena pelaku berjanji apabila maskernya tidak ada, uang akan kembali 100 persen.

"Dalam hal ini, korban memesan sebanyak 56 kotak dengan harga Rp 14.640.000 dan uang itu diminta untuk ditransfer langsung ke rekening tersangka dan tersangka menjanjikan setelah satu minggu dari uang diterima, maka barang akan diberikan kepada korban," ucap Budhi.

Tega! Nama Anne Avantie Dicatut untuk Penipuan 'Peduli APD':

Selanjutnya
Halaman
1 2