19 DPC Gerindra di Sumbar Bagi-bagi Puluhan Ribu Masker dari Andre

Jeka Kampai - detikNews
Jumat, 10 Apr 2020 12:06 WIB
Gerindra Sumbar bagi masker
Foto: Jeka Kampai detikcom
Padang -

Pemerintah meminta orang-orang yang keluar rumah mengenakan masker. Di Sumatera Barat, puluhan ribu masker dibagikan untuk mendukung permintaan tersebut.

Anggota DPR RI asal Sumatera Barat, Andre mengirim dan membagikan puluhan ribu masker nonmedis untuk seluruh kabupaten/kota di Sumatera Barat.

Masker dibagikan melalui 19 DPC Gerindra se-Sumatera Barat. Sampai Jumat (9/4/2020) pagi, sudah semua DPC menyalurkan bantuan masker tersebut.

Masker dibagi-bagikan di jalan raya, sampai ke tempat fasilitas kesehatan. Ketua DPC Partai Gerindra Sijunjung Syahril Syamra menyebut warga berterima kasih dengan masker yang diberikan. "Alhamdulillah, kami sudah membagikan alat yang sangat langka ini secara gratis," katanya.

Di Kabupaten Solok, Ketua DPC Jon Firman Pandu juga mengomandoi pembagian masker di beberapa titik. Mereka yang masih harus keluar rumah mencari nafkah menjadi sasaran utama.

"Kami langsung turun ke lapangan. Sangat bermanfaat bagi warga," kata ketua DPRD Kabupaten Solok ini.

Gerindra Sumbar bagi maskerGerindra Sumbar bagi masker Foto: Jeka Kampai detikcom

Di Padangpariaman, Ketua DPC Gerindra Happy Neldi juga langsung membagi-bagikan kepada masyarakat. Ribuan masker yang diterima langsung berpindah tangan kepada warga yang membutuhkan.

"Masker ini sekarang barang mahal dan langka. Terima kasih Pak Andre yang telah mengirimkan ribuan masker untuk kami bagikan," kata ketua Fraksi DPRD Padangpariaman ini.

Masker-masker yang diserahkan itu melengkapi pembagian sembako dan hand sanitizer yang masih berlangsung di Padang.

Dihubungi terpisah, Andre mengaku telah mengirimkan sekitar 25 ribu masker untuk Sumbar. Mekanisme pembagiannya melalui 19 DPC Gerindra Kabupaten/Kota dan telah dibagikan di Padang, Padangpariaman, Payakumbuh, Sijunjung, Solok, dan lainnya. Masing-masing DPC mendapatkan ribuan masker. Dalam beberapa hari ini, semua masker akan habis terbagi, dan menyusul masker-masker berikutnya.

"Kami mendapatkan arahan dari Ketua Umum Partai Gerindra Pak Prabowo Subianto untuk membantu masyarakat yang kesusahan akibat wabah corona ini. Berbagi masker adalah satu kewajiban sebagai anggota partai yang juga anggota DPR RI. Apalagi saat ini, pemerintah telah mewajibkan semua orang menggunakan masker saat beraktivitas," kata anggota Komisi VI DPR ini.

Gerindra Sumbar bagi maskerGerindra Sumbar bagi masker Foto: Jeka Kampai detikcom

"Maskernya mirip masker bedah, tapi beda bahannya. Ini lebih tebal dan aman digunakan," imbuh pria yang juga ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Andre menyebutkan setelah tahap satu sekitar 25 ribu masker itu tuntas, dia juga sudah menyiapkan langkah membagi-bagikan ratusan ribu masker di Sumbar. Dananya juga sudah disiapkan dan tinggal dialokasikan untuk pembelian masker dan alat pelindung diri (APD) medis.

(tor/fjp)