Soroti Konferensi Pers, Komisi I Catat Sejumlah Wartawan Sudah Kena Corona

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 10 Apr 2020 13:28 WIB
Meutya Hafid (Rolando Fransiscus-detikcom)
Meutya Hafid (Rolando Fransiscus/detikcom)
Jakarta -

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mencatat sejumlah kasus wartawan positif terjangkit COVID-19. Komisi I mengaku risau.

"Poin satu lagi yang juga kami bahas adalah terkait kerisauan kami menerima informasi bahwa saya terutama menerima informasi ada beberapa wartawan yang juga sudah dinyatakan positif COVID-19," kata Meutya dalam siaran langsung, Jumat (10/4/2020).

"Sampai saat ini wartawan kita tahu menjadi pilar yang amat penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, terkhusus di tengah pandemi COVID-19. Pilar keempat ini menjadi sangat krusial," jelasnya.

Meutya mengimbau penyelenggara konferensi pers agar mematuhi protokol kesehatan yang telah disepakati. Ke depan, dia berharap penyelenggara tidak membiarkan terjadinya kerumunan wartawan.

"Kami mengimbau bahwa untuk seluruh penyelenggara konferensi pers agar mematuhi protokol kesehatan yang sudah disepakati, tidak boleh lagi ada wartawan yang berkerumun sehingga dapat menjadi potensi penyebaran COVID-19," tegasnya.

Politikus Partai Golkar itu juga meminta wartawan disiplin saat melakukan peliputan di tengah pandemi Corona.

"Yang kedua terdapat perusahaan pers yang berperan untuk bertanggung jawab, mengedukasi para wartawannya untuk juga lakukan physical distancing," ujarnya.

"Terakhir kepada rekan-rekan wartawan yang menjadi garda terdepan di tengah pandemi saat ini, kami mohon juga lakukan self discipline atau disiplin mandiri dalam peliputan, terkhusus liputan COVID agar terus menjaga jarak aman selama tidak bertugas bisa lakukan pelaporan, jika memungkinkan lakukan di rumah saja," jelas dia.

Mengenal Rapid Test dan Swab Test Virus Corona COVID-19:

(gbr/gbr)